Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Jurus Jitu Mendongkrak Penjualan Anda



Berikut 9 Langkah dalam meningkatkan Penjualan:

1. PRODUCT KNOWLEDGE ( pengetahuan tentang produk )

Sebelum berjualan sebaiknya seorang penjual mengetahui luar dalam produk yang akan dijualnya, harganya, spesifikasi produk, kelebihan dan kekurangannya, petunjuk penggunaan manual nya, dan perbedaan dengan produk pesaingnya. Bagaimana cara bisnis berjalan lancar kalau produk saja tidak tau? Wajib, kudu, harus hukumnya tau cara supaya bisnis lancar. 

2. PROSPECTING ( pangsa pasar )

Setelah mengetahui produknya sekarang kita mengarah pada sasaran penjualan yaitu middle to high class, modern, pengusaha, perkantoran, perumahan elite, pertokoan, tempat peribadahan, instansi pemerintah, atau segmen pasar siapapun. Selain offlin, kini cara agar bisnis online lancar pun sudah menjadi rahasia umum. Agar bisnis lancar luar dan dalam, kita harus jeli dari awal. Cara usaha lancar itu menjadi hak semua orang tanpa terkecuali. Semangat terus untuk menemukan cara bisnis lancar.

3. APPROACHING ( pendekatan/SKSD )

 Setelah sudah sampai pada sasaran kita akan melakukan proses PDKT (i.e. pendekatan) atau bisa langsung bertemu dengan calon pelanggan. Begitu calon pembeli mulai menyukai kita dan hubungan mulai baik. Disitu awal mula proses pererapan dilakukan untuk menjalankan cara agar bisnis lancar. NB: Sangat Penting untuk Mengetahui apa kebutuhan customer.

 

4. NEEDS ASSESSMENT ( menciptakan kebutuhan )

Strategi dan kemampuan meng-analisa sangat dibutuhkan: 5W+1H ( what, who, where, when, why + how ) 5W = masalah,1H = solusinya, kalau masalah calon pelanggan bisa diatasi, sudah pasti mereka akan berminat membeli. (Baca juga: Taylor-made) Jadilah seorang Problem Solver dan bukan hanya tau melaporkan masalah saja tanpa ada penyelesaiaan yang berarti. Cara berbisnis sukses dan lancar itu juga diawali dengan mengetahui kebutuhan dari calon pembeli.

5. PRESENTATION ( memperagakan produknya )

Calon pelanggan perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan produk. Kemampuan kita untuk melakukan “People-skill” atau pengaruh produk, akan diuji. Disinilah seni berbicara mulai dipraktekkan. Penting untuk diketahui bersama, cara agar usaha lancar dan sukses itu ibarat kita bernyanyi di depan calon pembeli. Kalau suka, mereka mulai beli. Kalau percaya, mereka pasti ikut turut andil dalam berbisnis dengan kita. Nah, kalau sudah gitu, susah atau gampang cara membuat bisnis berjalan lancar?

TANDA2 MINAT BELI ( buying signal ): Ciri-ciri paling jelasa adalah banyak bertanya. tanya harga, tanya suku cadang, tanya service/garansi/ spek, tanya purna jualnya. Next, gunakan TC (Trial Closing) untuk mengetahui tingkat interest calon pembeli. Setelah berhasil, pertahankan. Gas trus ke level cara berbisnis lancar. 

6. CLOSING  ( menutup penjualan )

Seni mempengaruhi calon pelanggan dengan mamfaat produk sehingga terciptanya suatu kebutuhan sehingga costomer dapat memutuskan untuk membeli pada saat itu juga ( it's now or never ). Kalau sudah mulai terbiasa, bagaimana cara bisnis berjalan lancar itu sudah di luar kepala jalaninnya. Karena cara berbisnis lancar itu gampang gampang susah. Tekun sudah pasti demi agar bisnis lancar.

7. FOLLOW-UP (mengunjungi ulang )

Langkah terakhir adalah follow-up jika pada step ke6 belum bisa mengambil keputusan untuk membeli dan tertunda karena sesuatu hal dan minat beli sudah diatas 80% maka seorang Sales wajib membuat catatan khusus untuk melakukan kunjungan ulang sekedar mengingatkan kembali kepada calon pelanggan  untuk membeli pada saat itu juga. Tanpa follow up, bisnis itu tiada artinya. Tidak mau tau apakah itu cara bisnis gestun, cara bisnis lewat hp, ataupun cara bisnis laundry. Semua Bisnis Lancar itu tetap butuh pendekatan khusus seperti ini.

8. RECRUITING (Buka Cabang)

Demi mencapai cara agar usaha lancar dan sukses. Banyak dari kita yang fokus di dunia penjualan melupakan langkah yang satu ini. Rekrut merupakan hal fatal yang mempengaruhi long run atau perjalanan panjang karir seorang penjual. Di dalam melakukan penjualan sudah seharusnya kita juga melakukan perekrutan. Selling is Recruiting

Jika Anda mulai merasa kehabisa orang untuk diprospek. Itu tandanya Anda sudah mulai mengalami gejala penyakit Kering. Walaupun Anda sendiri sudah menerapkan cara agar bisnis lancar. Dan lambat laun tapi pasti, Anda pun akan pelan-pelan menghilang dan mundur. Kalau masih bisa ketolong, segera lakukan langkah sigap untuk berubah. Perdalam ilmu pengetahuan marketing, cari celah dan cara berbisnis sukses dan lancar. Uraikan semua tips usaha lancar dan berkah.

9. Build People 

Last but not least, bisa rekrut apakah Anda sudah pasti bisa Bina? Cara berbisnis lancar harus dengan memahami manusia. Dalam hal bisnis, kita harus mampu melakukan pembinaan yang tepat sedari awal. Bukan hanya membina, tapi juga harus dipertahankan. Cara bisnis lancar tidak dibangun dalam satu hari. Jika semua sudah terbentuk dan menjadi pondasi awal yang kuat. Maka  Dream Team Anda pun berisikan Jendral Besar yang solid nan kuat. Pernah dengar quotes ini? Build the People, so the People Will Build the Business. Tunggu apalagi? Semua Bisnis Lancar itu punya trik bagaimana cara bisnis berjalan lancar. 

“It’s not enough to know what these selling skills are, they need to be practiced and honed; until they become a habit, until you can do without even thinking, until you are Unconsciously Competent at them.”

Tidak cukup hanya dengan memahami Keahlian Menjual, butuh dipraktekkan dan diasah, sampai menjadi suatu Kebiasaan, sampai kita bisa melakukannya tanpa perlu berpikir lagi, sampai kita Tanpa sadar-Mampu melakukannya. Mari bersama kita ciptakan Situs yang berisi ide kreatif atau inspirasi bagi kita semua.

Semoga Bermanfaat untuk diterapkan dan dipraktekkan di lapangan. Salam Sibelancar

Situs Semua Bisnis Lancar

 

Posting Komentar untuk "9 Jurus Jitu Mendongkrak Penjualan Anda"