Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berdamai dengan Perubahan



Berdamai dengan Perubahan

Teknologi Merubah Gaya Hidup Anda

Jika kita tidak berubah, maka kita yang akan ketinggalan dan dilindas oleh perubahan itu sendiri. Dengan adanya perkembangan teknologi, manusia tentunya lmenjadi sangat terbantu dari segala hal dalam kehidupan mereka. Apakah itu ide kreatifitas yang tidak terbatas kemudian bisa tersalurkan dengan baik ke dalam teknologi? Bebas berekspresi dan berkreasi.

Tentu saja sekarang bisa dengan gampangnya kita temukan banyak situs bisnis terbaik baik itu di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, sampai kemanusiaan. Tidak ketinggalan juga dunia usaha masyarakat Indonesia juga terdorong naik mayoritas ekonominya. Situs-situs bisnis yang menampilkan versi terbaik mereka di setiap masing-masing bidang tertentu dengan sendirinya membentuk sebuah kompetisi supaya terus menginspirasi generasi muda untuk terus berkarya menjadi pioner teknologi di hari ini dan masa depan.

Begitulah gambaran hidup dewasa ini, baik tua maupun muda semua telah dimanjakan dengan kenyamanan. Baik di lingkungan keluarga, teman, maupun sosial. Kecanggihan Teknologi bisa merekatkan hubungan keluarga, akan tetapi bisa juga mengancam dan membuat renggang hubungan di antara anggota keluarga. Supaya semua urusan berjalan lancar, maka kita juga musti bijak dalam menggunakan teknologi.

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan, walaupun anak-anak sangat menyukai teknologi, akan tetapi setengah dari mereka ada yang merasakan tekanan pada hubungan keluarga mereka.

Segala yang berlebihan tentu tidak pernah ada baiknya

Salah satu penelitian menunjukkan waktu yang dihabiskan untuk berinteraksi antar sesama di kehidupan nyata semakin berkurang. Dan sebaliknya sebagian besar 60% dari waktu kita pun dihabiskan dengan berselancar di dunia Maya.  Dan dibuatlah test survey di lapangan hasilnya memang benar manusia di jaman sekarang ini semakin "ketagihan" dengan teknologi. Dimana seharusnya teknologi bisa membawa perubahan yang lebih baik terhadap lingkungan masyarakat.

Hasil studi ini menemukan saat ini anak-anak memiliki perangkat elektronik dan sepertiga dari mereka memeriksa ponsel dalam satu jam. Dua per tiga anak-anak bahkan mengaku menggunakan perangkat mereka di tempat tidur, termasuk ponsel dan tablet. Tampaknya mereka sulit mematikan perangkat ini.

Kebiasaan buruk menyebabkan pergeseran dinamika keluarga.

Lebih dari sepertiga dari anak-anak bahkan menggunakan teknologi untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga walaupun mereka berada di tempat yg sama.

Bahkan sepertiga dari orang tua dan anak-anak mereka mengaku menggunakan perangkat teknologi di meja makan. Dan tentunya anak-anak selalu memperhatikan dan meniru semua tingkah laku orang tuanya. Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya kan?

Dan benar, sebagian besar prilaku anak-anak terhadap penggunaan ponsel ini juga diklaim berasal dari orang tua mereka, yang mereka tiru dan contoh dari apa yang mereka lihat. Misalnya, menghabiskan rata-rata tiga jam sehari menonton televisi. Saatnya menyadari semua kebiasaan buruk dan menggantikannya dengan tindakan nyata yang lebih produktif dan berkembang.

Selalu siap untuk beradaptasi

Teknologi lebih tepatnya bergantung kepada cara penggunaannya, yang tidak terkesan berlebihan dan menyesatkan. Kita lebih dituntut supaya mampu beradaptasi dengan iklim komunikasi yang benar-benar BEDA. Misalnya komunikasi melalui media sosial dibandingkan dengan komunikasi Bertatap muka yang dinilai lebih efektif. Apalagi sejak zaman covid mulai menyerang, semua anak sekolah pun menjalani penyesuaian diri yang butuh waktu lagi untuk beradaptasi. Daring di rumah dalam jangka waktu panjang tentunya memberi efek jenuh dan pasif, karena anak kecil semestinya membutuhkan aktifitas di luar yang lebih banyak dibanding hanya di dalam ruangan dan di rumah seharian.

Tak hanya itu, hasil studi juga menemukan teknologi ternyata mempengaruhi praktek pengasuhan. Sekitar dua per tiga orang tua menghibur anak-anak mereka dengan perangkat teknologi.

Banyak dari orang tua Zaman sekarang memilih cara yang gampang, contoh misalnya sewaktu berkumpul dengan keluarga, hal pertama yang disodorkan kepada anak-anak mereka adalah gadget supaya mereka bisa duduk diam dan tenang. Setujukah Anda dengan cara seperti ini? Kita sendiri yang memulainya, kita sendiri juga yang harus melakukan pencegahannya.

Sisi Terang dari Teknologi

Teknologi seyogianya menjunjung tinggi kreatifitas dan membantu semua urusan bisnis berjalan lancar.
Edukasi yang tepat sangat membantu pengguna internet untuk belajar hal baru setiap saat.
Situs yang berisi ide kreatif atau inspirasi tentunya selalu menjadi Situs favorit dalam dunia usaha dan bisnis.

Namun, lebih dari setengah Orang tua merasa prihatin atas banyaknya waktu yang anak-anak mereka habiskan untuk menggunakan perangkat teknologi tersebut. Manfaatkan untuk mengarahkan anak-anak ke sisi positifnya yaitu membuat mereka lebih menonjol dalam hal hobi mereka, ekspresi yang tersalurkan jauh lebih penting daripada nilai akademis yang selalu dikejar-kejar tiada habisnya. 

Gali ide kreatif mereka dan inspirasi supaya kelak berguna dan bisa dipraktekkan dalam dunia usaha maupun bisnis.

Kemudian, sekitar 3 dari 10 orang tua mengaku tidak tahu bagaimana anak-anak menggunakan perangkat yang ditempatkan di ruangan mereka dan khawatir bahwa mereka tidak dapat mengendalikan penggunaannya.

Oleh karena itu, kita bisa belajar dari apapun yang kita peroleh dari Teknologi, karena informasi dan teknologi yang selalu berkaitan dan terus menerus berubah dari waktu ke waktu. Tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Salam Sibelancar. Situs Semua Bisnis Lancar.

Posting Komentar untuk "Berdamai dengan Perubahan"