Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek Pengguna Gadget





Dewasa ini, dampak dari teknologi terhadap kehidupan sehari-hari kita semakin jelas dan bahkan tanpa disadari telah banyak merubah cara hidup kita. Bayangkan mulai dari ponsel, smart-phone, laptop, TV, maupun gadget canggih lainnya yang telah banyak menyita waktu dan konsentrasi kita, belum lagi bahaya terhadap kesehatan dan kehidupan sosial kita.

Sudah semestinya perkembangan teknologi melahirkan lebih banyak lagi Situs kreatif yang memberi inspirasi dalam dunia usaha dan bisnis. Supaya semua bisa dapetin cara bisnis berjalan lancar. Hindari penggunaan gadget berlebihan.

So, gak ada salahnya bila kita mulai lebih menaruh perhatian dan aware/ sadar akan fungsi teknologi di dalam kehidupan sehari-hari kita.

Melalui Hasil Survey & Analisa, biarkan Angka yang lebih banyak berbicara.

Di negara kita sendiri saja, Indonesia, menurut hasil survey Consumer insight di bulan Mei 2013, masyarakat Indonesia rata-rata menggunakan smart-phone selama 190 menit per hari. Dan seperti yang dikutip detik.net, aktifitas yang paling banyak ditemukan adalah:

Chatting sebanyak 94%, browsing (71%), social networking (64%), dan mengakses email menjadi yang paling minim (17%).

Dan Angka ini dipercaya semakin meningkat seiring waktu berjalan terhitung di bulan Mei 2022 ini.

Sejak awal munculnya produk gadget yang identik dengan smart-phone dan ponsel, rata-rata orang telah memiliki ponsel lebih dari 1 (Satu) unit sejak awal tahun 2000, dan angka ini semakin meningkat seiiring dengan banyaknya produsen lokal maupun internasional yang terus menerus berlomba memasarkan produk terbaru mereka.

Setidaknya setiap orang punya satu ponsel, dan rata-rata melihatnya hampir lebih dari 150 kali setiap hari. Anda termasuk salah satunya? Melalui kesempatan ini kita berbagi, setidaknya kita tahu dan bisa mengurangi kebiasaan buruk yang dihasilkan dari efek Gadget tersebut.  

Kebiasaan itu dilakukan tanpa sadar, maka sadarlah mulai sekarang

9 Efek Samping Penggunaan Gadget berlebihan. Mari kita simak satu-persatu efek dan resiko bahayanya terhadap diri kita.

1.      1. Merusak Mata

 Jika Anda mulai merasa cepat lelah dan mata perih, tidak mengherankan karena Anda termasuk salah satu orang yang aktif terus dengan perangkat Anda.

 - Penyebab utama: karena terus-menerus melihat dan fokus terhadap benda (tulisan kecil) di layar.

Selain merusak mata, leher kita juga tanpa disadari ikut berpengaruh memberi dampak buruk kesehatan kita. Mengingat posisi kita sewaktu memegang dan melihat Hp. Efek panjang memberikan dampak buruk (Coba sambil cek ke diri sendiri, apakah leher kita sedang dalam posisi ditekuk sambil liat HP?) kalau iya, itu sangat tidak baik apalagi dalam jangka waktu yang cukup panjang dan berterusan setiap hari. 

Solusi: Usahakan Gunakan Gadget Anda sejajar atau tepat dengan penglihatan Anda untuk penggunaan jangka waktu lama, dan bukan di bawah dada atau bahkan sampai membuat posisi badan Anda membungkuk.

- baca di ruang gelap, melihat dan membaca terlalu dekat dengan mata.

 Bayangkan jika anak kecil yang sudah memiliki kebiasaan (buruk) ini sejak kecil, mata mereka akan lebih rentan dan terpaksa mengenakan kaca mata di usia dini. Kasian kan?

Solusi: memperbesar huruf, baca di ruangan yang cukup pencahayaan, tidak mengakses lebih dari 15 menit.

Sangat dianjurkan bahwa pencahayaan di ponsel Anda supaya diturunkan ke level yang lebih rendah, atau tidak terlalu terang, terutama sewaktu penggunaan nya di  malam hari.

2.    2. Merusak Kulit

 Tanpa disadari, efek dari teknologi gadget sedikit banyak telah mempengaruhi bahkan merusak sel-sel kulit kita. Kulit Wajah, banyak ditemukan wanita di usia 30 tahun yang mengalami masalah kulit di wajah terutama rahang mulai turun. Selain faktor usia, juga ditambah lagi penglihatan ke arah bawah sewaktu penggunaan ponsel/ smart-phone dalam waktu yang relatif lama.

Peringatan Dini - ingat jaga postur tubuh dan leher Anda ketika santai melihat-lihat hp

3. Mengubah postur tubuh

Para pakar terapi mengatakan, tubuh akan bereaksi sesuai dengan kebiasaan kita setiap hari. Bayangkan bagaimana posisi leher dan pundak Anda setiap Anda melihat ponsel Anda. Banyak yang mengeluh sakit di bagian leher dan bahu, itu dikarenakan terlalu seringnya berinteraksi dengan ponsel Anda.

Posisi membungkuk memberi efek terhadap tulang belakang dan berlanjut ke bagian belakang kepala. Ini pada akhirnya akan membuat kepala lebih sering sakit dan merasa lelah dan pusing.

Solusi: Atur posisi tubuh Anda yang lebih nyaman apabila Anda ingin mengakses perangkat dalam durasi yang lama. Latihlah otot-otot leher Anda dengan gerakan kecil yang menyegarkan rongga otot Anda.

4.      4. Mengganggu Waktu istirahat.

Komputer, tablet, dan ponsel mengganggu hormon melatonin yang akan turut membuat tidur jadi terganggu. Frekuensi tingkat tinggi yang sangat jelas merusak kesehatan si pengguna.

Saat beristirahat ada baiknya ponsel dalam keadaan "DIAM" atau jauhkan dari tempat tidur.

NB: Tahukah Anda, efek dari signal yang dihasilkan perangkat teknologi canggih itu setiap hari berada di sekeliling kita, ya betul, Radiasi. Dan itu semua sangat amat berbahaya? Sudah tidak asing lagi, kalau di zaman ini, Anda semakin sering melihat dan mendengar penyakit baru yang terus bermunculan.

Solusi: Matikan ponselAnda sewaktu jam istirahat / tidur. Selesai !

5.     5. Merusak Hubungan dengan Pasangan.

Sangat disesalkan apabila suatu penemuan teknologi  yang seharusnya membantu kita dalam berkomunikasi, tetapi malah merusak hubungan antar pasangan (malah jadi ajang selingkuh). Dan juga Istilah “Autis” yang semakin populer dan bahkan hampir semua orang mengalaminya. Semua ini sangatlah nyata dan sering kita temui di dalam kehidupan kita sehari-hari. Mencegah lebih baik daripada nanti ujungnya berabe.

6. Heboh Hidup di Dunia Maya daripada di kehidupan Nyata

Sebuah riset juga menemukan bahwa semakin sering seseorang berinteraksi dengan facebook dan twitter, maka semakin ia merasa kesepian dan jauh dari hubungan bersama keluarga, kerabat, teman, dan kekasih.

Solusi:  Jangan habiskan waktu terlalu banyak di Gadget Anda, atur jadwal yang super ketat untuk gunakan Gadget. Jangan sampai Gadget Anda mengontrol Anda, tapi sebaliknya.

7. Resiko Kanker 

Bukan rahasia lagi bahwa radiasi menciptakan banyak sekali efek samping terhadap kondisi kesehatan kita. Bayangkan betapa banyaknya sel di tubuh kita yang jika terpancing dan melonjak naik menjadi sel kanker yang ganas akibat efek teknologi ini. Perbanyak jalan dan kurangi duduk terlalu lama.

8. Leher menjadi lebih rentan terkena penyakit persendian

Sadar gak sadar posisi leher kita paling berpengaruh. Mulai dari duduk melihat ponsel. Malam sambil tiduran juga liat hape. Apalagi kalau sambil nyetir juga liat hp, itu mah gawat. Gak ketolong! Stop sekarang, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

9. Bukan itu Cara Supaya Bisnis Lancar 

Sesibuk apapun orang di luaran sana, tetap ada waktu untuk scroll handphone nya. Bukan alasan untuk menetapkan mana prioritas kita. Kalau tujuan nya sudah jelas, semua jalan pun menjadi terang. Hindari bermain gadget berlebihan karena itu sama aja dengan "Killing me softly."

Bedakan mana yang produktif dan mana tidak. Banya cara agar bisnis lancar. Tips usaha lancar dan berkah juga. Temukan bagaimana cara bisnis berjalan lancar ala kamu sendiri. Ciptakan!

Sebagai kesimpulan, teknologi tidak serta merta merusak dan memberikan image buruk terhadap lingkungan kita semua. Teknologi akan merubah Cara Hidup kita, karena tidak dipungkiri bahwa manusia pada dasarnya (walaupun tidak semuanya) Pemalas dan maunya enak, gampang dan nyaman.

Oleh karena itu, selaku pengguna harusnya bertindak dan berlaku lebih Bijak dalam menggunakan dan mengimbangi perkembangan teknologi ini.

Nah, pilihan ada di tangan Anda, apakah Anda memang lebih Pintar daripada ponsel Anda, atau Anda bahkan mampu ikut serta menciptakan peluang dari dunia teknologi yang semakin canggih dan inovatif ini. Teruslah berkarya di Situs yang berisi ide kreatif atau inspirasi.

Beberapa fakta unik lainnya:

  • -          Indonesia menduduki  posisi 5 (Lima) besar DUNIA untuk unduhan Aplikasi Chating terkemuka seperti LINE / Whatsapp / Kakao-Talk.
  • -          Indonesia juga diprediksi  memiliki rata-rata pertumbuhan hampir 70% tiap tahunnya sejak 2010 hingga 2013 untuk peningkatan pasar ponsel.  Itu artinya, dari setiap 100 orang, sudah ada 70 orang yang telah aktif dan fasih dalam penggunaan ponsel, baik dari kalangan usia muda maupun tua.
  • -          Dari segi kebersihan dan kesehatan, hati-hati dengan gadget Anda, hampir semua perangkat Gadget dipastikan memiliki potensi menjadi sarang kuman bakteri yang paling kotor dan berbahaya. Satu studi bahkan menemukan bahwa 1 dari 6 ponsel terkontaminasi dengan materi fekal. Sayangnya, saat ini ponsel merupakan kebutuhan yang penting dan selalu dibawa ke mana saja.

    Solusi:  Gunakan sarung kecil atau tas kecil untuk menyimpan ponsel Anda di dalam tas. Jangan lupa untuk membersihkan ponsel dengan kain yang lembut 1 kali seminggu.
  • Tingkatkan Kesadaran kita dalam kehidupan sehari-hari, niscaya kita Pasti Bisa menciptakan generasi baru yang lebih beradab, nyaman dan bahagia. Dengan sendirinya maka akan muncul lebih banyak lagi situs yang berisi ide kreatif dan inspiratif dari waktu ke waktu.

Salam Sibelancar Situs SemuaBisnisLancar

 

Posting Komentar untuk "Efek Pengguna Gadget"