Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asal Mula Aplikasi LINE, WeChat, dan WhatsApp



Asal mula munculnya Aplikasi Smart-Phone seperti LINE, WeChat, dan WhatsApp.

Smart-Phone yang semakin diminati masyarakat ramai dewasa ini, tentunya sangat memudahkan kita dalam berkomunikasi dan bekerja. Di tahun 2013 survey telah menunjukkan peningkatan yang semakin signifikan untuk penggunaonsel di dunia. Kemajuan teknologi tentunya juga membantu kita menemukan lebih banyak cara agar bisnis berjalan lancar. Mau dia bisnis cabe rawti kek, semua punya caranya. Cara bisnis jastip luar negri sekalipun. Dan masih banyak lagi. Cara agar usaha lancar dan sukses sudah ada dimana-mana.

Dan juga pastinya peningkatan pengguna Smart-Phone juga diikuti dengan maraknya Layanan instant messenger, dan menjadi aplikasi favorit yang paling banyak di unduh. Maka semakin berpengaruh dan membawa perubahan dalam hal berkomunikasi di lingkungan masyarakat dewasa ini. 

Penasaran siapa yang mulai menciptakan layanan Messaging itu? Simak berita yang dilansir oleh Sibelancar berikut ini yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Line

Line adalah aplikasi messaging yang dibuat oleh perusahaan NHN Corporation asal Korea Selatan. NHN Corporation juga mengoperasikan Naver, mesin cari online terbesar di Korea Selatan.

Line diluncurkan pada 23 Juni 2011 oleh NHN cabang Jepang setelah terjadinya gempa bumi di Jepang. NHN Jepang menyadari kerusakan besar di sistem komunikasi dan menemukan bahwa layanan data akan bekerja lebih efisien.

Maka mereka memutuskan membuat aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone, tablet dan desktop untuk melakukan instant messaging secara gratis.

Lalu darimana asal nama Line? Nama ini terispirasi dari antrean banyak orang di telepon publik setelah gempa terjadi. Dimana antrian dalam bahasa inggris adalah LINE

Tak disangka, Line sangat diminati dan berkembang pesar. Bahkan pada Oktober 2011, layanan ini sempat mengalami overload dan terganggu karena banyaknya pengguna.

2. WhatsApp

WhatsApp Inc didirikan pada tahun 2009 oleh dua orang pria bernama Brian Acton dan Jan Koum. Keduanya adalah mantan pekerja senior di raksasa online Yahoo.

Keduanya sudah bekerja di Yahoo dalam waktu sekitar 20 tahun. Jan Koum yang awalnya punya ide menciptakan sebuah aplikasi yang bisa mem-broadcast status ketika seseorang tidak dapat dihubungi karena alasan tertentu.

Koum pun mengajak Acton untuk bekerja sama dengannya. Jadilah kemudian mereka menciptakan perusahaan start up teknologi bernama WhatsApp Inc yang berlokasi di Santa Clara, California.

Namun aplikasi broadcast status tersebut hanya menarik perhatian sedikit orang. Barulah ketika mereka menambahkan fungsi messaging pada paruh kedua 2009, WhatsApp pun meledak.

WhatsApp Inc kabarnya hanya mempekerjakan sekitar 20 orang. Di mana sebagian besar di antaranya adalah teknisi, dan terkesan tidak begitu agresif.

3. WeChat

WeChat mulai dikembangkan di tahun 2010 oleh oleh Tencent Holding, perusahaan TI raksasa asal China.
Nama awalnya adalah Weixin yang diusulkan oleh Ma Huateng, CEO Tencent. Pada April 2011, Weixin diubah namanya menjadi WeChat karena akan diekspansi secara internasional.

Pada Mei 2011, jumlah pengguna WeChat sekitar 5 juta user. Pada akhir 2011, sudah mencapai 50 juta user. Dan menembus angka 100 juta user pada Maret 2012.

WeChat tersedia untuk Android, iPhone, BlackBerry, Windows Phone dan Symbian. Dan mendukung berbagai bahasa termasuk Spanyol, Portugis, Indonesia sampai Thailand.

Dengan semakin gampang cara berkomunikasi, teman-teman tentunya juga sudah bisa menemukan sendiri cara supaya bisnis lancar. Bisnis yang lancar membutuhkan tips usaha lancar dan berkah. Buat yang berencana untuk buka bisnis baru. Mau dia itu cara bisnis gestun, cara bisnis lewat hp, cara bisnis laundry, semua bisa. Apalagi dengan konsep digital marketing sekarang ini. Semua cara berbisnis sukses dan lancar sudah tersedia jalannya.

Selain dari aplikasi yang sudah dijelaskan di atas, pastinya masih banyak lagi aplikasi berbasis instant messaging yang terus berkembang dan mulai semakin maju. Kira-kira Anda terinspirasi untuk ikut partisipasi dalam tren pembuatan aplikasi chatting ini? Yes, bisa jadi Anda Selanjutnya. Simak terus Situs yang berisi ide kreatif dan inspiratif

Salam | SemuaBisnisLancar

 

Posting Komentar untuk "Asal Mula Aplikasi LINE, WeChat, dan WhatsApp"