Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini dia 9 - Sembilan Hal Pentingnya memiliki Asuransi Perjalanan Travel insurance

Pentingnya memiliki Asuransi Perjalanan Travel insurance

Pola pikir manusia di zaman sekarang tergolong lebih terbuka, tapi apakah semua itu berjalan sesuai dengan fakta kenyataan di lapangan? Sejak pemerintah mulai mengharuskan kepemilikan asuransi perjalanan bagi setiap orang yang berpergian ke Luar negri, travel insurance atau asuransi perjalanan menjadi primadona dan sebuah keharusan untuk dimiliki. Suka gak suka, mau gak mau, tetap harus punya.

Asuransi perjalanan juga sudah berinovasi sesuai dengan zamannya, harga terjangkau dengan manfaat yang maksimal, serta pengurusan klaim yang praktis juga mengandalkan teknologi online. Best Buy item dan wajib dimiliki untuk setiap orang yang berpergian ke luar negri.

Sebut saja negara tetangga kita Singapura dan Malaysia, dengan sangat tegas menyatakan bahwa minimal SGD. 30.000,- (baca. tiga puluh ribu dollar Singapura) yang dikalikan ke Rupiah sudah mencapai ratusan juta. Apalagi kalau bukan karena situasi Pandemi Covid-19 yang membuat seluruh dunia gempar dan tunduk.






Setelah melewati beberapa fase Covid-19 dan akhirnya masyarakat pun menjadi lebih waspada dan berjaga-jaga terhadap lingkungan dan kesehatan. Masker menjadi sebuah keharusan dalam kehidupan sehari-hari. Hal yang sama juga berlaku untuk asuransi perjalanan ini, walaupun terkesan sudah tidak ada lagi virus Covid-19 tersebut, beberapa perusahaan travel tetap menganjurkan para penumpang untuk tetap memiliki perlindungan diri selama berpergian.

Apa Bedanya Asuransi Perjalanan dengan yang biasanya?

 Asuransi perjalanan mempunyai jangka waktu tertentu untuk digunakan. Artinya hanya bisa digunakan selama travelling atau jalan-jalan / berpergian hingga pulang ke rumah. Biar lebih jelas yuk kita simak sama-sama 9 - Sembilan hal betapa pentingnya memiliki asuransi perjalanan:

1. Ganti Rugi Keterlambatan Jadwal Pesawat (DELAY)

Bagi Anda yang mengalami keterlambatan pesawat hingga batas waktu tertentu (sesuai dengan isi dan manfaat masing-masing asuransi yang dibeli). Jangan khawatir, dengan travel insurance kita bisa mengajukan ganti rugi berupa uang, biaya akomodasi hingga konsumsi seperti makanan minuman.

2. Manfaat Pertanggungan Kecelakaan & Biaya pengobatan Darurat

Dengan travel insurance, total kerugian akibat kecelakaan yang terjadi selama perjalanan akan ditanggung oleh pihak asuransi. Contoh seperti biaya rumah sakit atau santunan kematian. 

3. Jaminan Kehilangan atau Kerusakan Bagasi

Bagasi Anda hilang? atau telat beberapa hari? Hal tersebut pasti sangat merepotkan. 
Tenang, semua itu bisa diganti dengan uang, sesuai dengan Syarat dan ketentuan berlaku.

Sebut saja salah satu client, Mr. A yang membeli Travel Pro asuransi perjalanan tahunan seharga Rp. 1juta dan ketika bagasi yang dia bawa mengalami keterlambatan hingga 3 hari, sang client malah dibayar ganti rugi oleh perusahaan sebesar Rp. 3juta, dan bagasi akhirnya juga kembali ke pemilik asalnya, akan tetapi uang tunai sudah masuk duluan sebagai ganti rugi. Luar biasa bukan? cek info Allianz Travel Pro

4. Jaminan Pemulangan Jenazah

Apabila (amit-amit) terjadi kepada pemegang polis atau tertanggung selama dalam melakukan perjalanan, biaya pemulangan jenazah akan dicover oleh perusahaan dan tentunya hal ini sangat membantu.

5. Mempunyai Limit Batasan jumlah cover yang tinggi.

Teliti sebelum memilih polis asuransi perjalanan Anda, pastikan limit pengobatan hari gini sudah mencapai minimal Rp. 1 Miliar. Dengan premi terjangkau semua orang sudah bisa memiliki polis terbaik selama perjalanan mereka. Rasa Aman dan tidak perlu khawatir sehingga segala hal yang tidak terduga tidak menjadi beban kita sendiri lagi.


6. Pahami apa kebutuhan dan kemampuan Anda dalam membeli Plan yang sesuai

Pastikan Anda juga sudah mengetahui jenis asuransi apa yang ditawarkan, misalnya 
- program single trip perseorangan atau individu, 
- asuransi untuk pasangan atau couple, lengkap dengan lamanya durasi perjalanan hingga negara tujuan. Premi yang ditawarkan juga bervariasi. 

Usia masuk biasanya dimulai dari umur 0 hingga 85 tahun. Tergantung kebijakan setiap perusahaan.
- Cara Klaim yang biasanya melalui sistem Reimburs atau kita yang lebih dulu membayar dengan cara mengumpulkan semua bill invoice tagihan kemudian perusahaan akan membayar kembali ke kita.

Nah, demikian info seputar 6 hal pentingnya memilih dan memiliki asuransi perjalanan. Gimana? Menarik bukan?

Selain asuransi perjalanan, tentunya tersedia juga beberapa asuransi umum lainnya seperti asuransi rumah, mobil, aset lainnya bahkan sampai profesi atau karir juga bisa diasuransikan.

7. Bagaimana Cara mengajukan asuransi perjalanan? Apa saja data yang dibutuhkan?

Apa saja data Dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan pengajuan?

- Data KTP dan Pasport yang masih berlaku
- Form pengajuan 

- Jadwal penerbangan ETD ETA Tiket Pesawat (jika ada).

8. Tentukan Konsultan atau Agen yang Kompeten dan Berpengalaman

Gimana? Sudah kepikiran mau miliki asuransi yang mana? Kami sarankan Anda membaca isi polis dan manfaat, lalu sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. Hasil testimoni klaim juga bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli polis travel. Proses dari pengajuan klaim yang gampang dan terkesan tidak ribet tentunya menjadi pilihan utama.

Apalagi sejak awal tahun 2022 ini, pintu beberapa negara tertentu mulai dibuka dan orang pun berbondong-bondong untuk berkunjung. Dari situ pula asuransi travel ini mulai menjadi kebutuhan utama dan juga setiap orang diharuskan mempunyai polis masing-masing untuk kenyamanan selama berpergian. Tidak heran omset dari perusahaan asuransi travel pun melonjak dan naik hingga 300% dan dari situ pula lahir banyak tenaga pemasar atau agen yang mencetak prestasi hingga menjual ratusan polis dalam beberapa bulan. 

9. Fungsi Asuransi Travel Vs Asuransi Kesehatan

Ingat ya, asuransi travel ini jangan disamakan dengan asuransi kesehatan yang pada umumnya, karena fungsi travel insurance itu sendiri sudah jelas. So, jangan beranggapan untuk menggunakan asuransi travel khusus untuk berobat, kalau mau yang khusus untuk berobat wajib gunakan asuransi kesehatan HSCP

Demikian tips dari 9 - Sembilan Hal penting dalam memilih dan memiliki Asuransi Perjalanan, Selamat Mencoba! Salam Semua Bisnis Lancar, selancar di Sibelancar.

Posting Komentar untuk "Ini dia 9 - Sembilan Hal Pentingnya memiliki Asuransi Perjalanan Travel insurance"