Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fenomena NFT jadi Primadona yang semakin Mempesona

NFT (Non-Fungible Token)

Fenomena NFT jadi Primadona yang semakin Mempesona dan belakangan ini pun semakin marak diperbincangkan. Bagaimana tidak? Mulai dari kalangan Atas hingga para Artis Papan Atas seperti Noah pun mulai ditunjuk untuk mempromosikan NFT ini. 

Hari gini masih aja penasaran dengan apa itu NFT? Non-fungible itu sendiri kalau diartikan ke kamus bahasa Indonesia artinya adalah tidak dapat dipertukarkan. Jadi secara gamplang artinya adalah Token yang tidak dapat dipertukarkan. Tunggu dulu, ini bedanya dunia maya dengan dunia nyata. 

Sejak 2017 lalu NFT sudah mulai kita dengar dan sepintas masih terdengar asing dan lewat begitu saja. Yah, dialah Salah satu jenis aset digital yang sedang membludak popularitasnya.

Terlebih lagi di kalangan anak muda yang tidak pernah mau ketinggalan alias trending, sebut saja dari hasil postingan di sosmed, makanan, hasil karya seni yang terkesan menarik, sudah digembar-gemborkan oleh para kawula muda di dunia maya yang membuat NFT menjadi fenomena di setiap orang.

Bahkan Ariel Noah juga sudah melihat peluang bisnis NFT dan menyiapkan 1000 NFT untuk dirilis sekaligus menjawab semua pertanyaan mengenai apa peluang bisnis di Indonesia, memang DAHSYAT LUARBIASA!



Ulasan apa itu NFT dan Bagaimana Cara Kerjanya?

NFT merupakan aset digital yang lahir dari hasil pemikiran manusia modern, dimana aset digital itu mewakili objek dunia nyata seperti berupa barang seni seperti lukisan, seni musik, hal-hal yang berbagu permainan gaming hingga video pendek. 

Aset Digital = Aset Dunia Nyata, Seberapa unik NFT di Mata Pembeli dan Penjualnya?

Luar biasa pemikiran manusia zaman sekarang yang tidak ada batasnya. Aset digital ini bebas dijual dan dibeli di dunia maya secara online. Pembayarannya sering kali dibayar dengan cryptocurrency dan biasanya diberikan kode dengan menggunakan software dasar yang menyerupai aset crypto lainnya.

Dari waktu ke waktu, NFT semakin "Menggila" dan harganya juga dinilai secara gila-gilaan dengan harga yang relatif tinggi. Semua hasil karya seni dijual beli secara praktis dan mudah disini. NFT juga merupakan salah satu dari proses transaksi yang sangat terbatas dan mempunyai kode pengenal yang unik. Dari keunikannya inilah yang membuat NFT lebih diminati dan bertolak belakang dengan kebanyakan hasil kreasi digital lainnya yang pasokannya hampir selalu tidak terbatas.

Selain unik, NFT juga memungkinkan pembelinya untuk memiliki item aslinya. "Jadi ada autentik nya sebagai penunjuk keaslian item tersebut, unggah salah satu pembeli NFT yang tidak mau disebutkan identitasnya.

Bagaimana Cara Kerja NFT?

NFT sebenarnya juga merupakan bagian dari Blockchain. Oleh karna itu pembeli NFT juga bisa melakukan verifikasi atas kepemilikan dari aset yang telah dibeli. Dia lah satu-satunya pemilik dari item tersebut misalnya. Tidak ada yang bisa membatalkan setelah dilakukan pembelian. 

NFT itu sendiri juga aset yang tidak bisa direproduksi secara berulang. Artinya, NFT yang dimiliki pembeli sifatnya unik dan bisa dibuktikan dari hasil bukti pembelian dalam blockchain dengan mata uang kripto/ cryptocurrency. Sebut saja contoh dari hasil transaksi sebuah tweet dari CEO Twitter, Jack Dorsey, bisa laku terjual seharga 2,9juta USD. Apakah masuk akal? 

Nah, dalam hal ini, supaya bisa diperjualbelikan, NFT harus melewati sebuah proses MINTING NFT.

Apa itu proses minting NFT?

Proses perubahan dari sebuah file digital menjadi koleksi kripto atau aset dalam blockchain, dalam mewujudkan proses tersebut dibutuhkan sebuah marketplace sebagai pihak ketiga atau agen minting, seperti para pemain lama yang pernah kita dengar yaitu Opensea, Makersplace, Mintable atau Theta Drop.


Apa Perbedaan NFT dan Cryptocurrency? Atau sama saja?

Jadi setelah membaca ulasan NFT, kira-kira sama ga sih dengan cryptocurrency? Bedanya dimana?
Nah, kalau Cryptocurrency itu jelas peruntukannya untuk tukar nilai layaknya money changer, 1USD = IDR. 15.000 misalnya. Jelas, akan tetapi kalau NFT itu ibarat Smartphone kita, ada IMEI nya, ada speknya, terdapat keunikan masing-masing kan? Itu bedanya NFT dengan Kripto currency tadi, Jangan sampai salah yah. NFT itu lebih Aset, cryptocurrency itu yah cuma pertukaran mata uang gitu. Simpel.

Penerapan NFT dalam Kehidupan Nyata

Mungkin teman-teman sudah tau kabar NOAH yang lagi mau ngadain konser terbarunya mereka di Oktober 2022 dengan konsep NFT untuk "Sahabat Noah" nya mereka? Nah, disitulah Ariel dan kawan-kawan mulai masuk ke dalam dunia NFT di bidang Kesenian, Bisnis dan sektor hiburan.

Hebatnya NFT bisa menjadi pegangan para penggiat pasar seni, yaitu dukungan dari teknologi blockchain yang memberikan jaminan bagi seniman atas kepemilikan karyanya. Cara ini menjadi salah satu pegangan untuk mengurangi dan menghindari pencurian hasil karya atau plagiat, plagiarisme.
Sistem smart contract di dalam teknologi NFT juga memungkinkan seniman untuk melihat dan mencatat persentase royalti yang terjadi setiap kali karyanya berpindah tangan. Keren Kan?
Belum lagi koleksi yang tidak kalah populer dari NBA Top Shot, kucing virtual dari cryptokitties, dan avatar unik dari cryptopunks. Ketiga collectible items itu diprediksi bisa mencapai angka jutaan dollar.

Jadi, sampai disini semakin jelas yah, kenapa Ariel Noah dan kawan-kawan manajemen mulai terjun dan memberlakukan promosi konser mereka dengan NFT. Nilai NFT seharga RP. 1Miliar itu tidak bisa dibeli atau ditukar dengan USD. 60.000 misalnya. NFT ini unik dan tidak memiliki nilai tukar.

Saat yang tepat untuk mulai membeli NFT di Tahun 2022, mumpung lagi ngetrend dan naik daun. Cara dan petunjuk pembelian bisa dilihat dari situs resmi OpenSea, MakersPlace dan beberapa situs resmi terkenal lainnya. Aman dan terpercaya, karena NFT sudah menjadi fenomena dan primadona yang semakin mempesona di kalangan investor, belum lagi sektor bisnis propertinya. Masih segar dan banyak peluang di dalamnya.

Silakan terjun sendiri dan pilih dengan teliti sebelum membeli. Salam Sibelancar Situs semua bisnis lancar. Jaya selalu bersama Dekonektor, Saling koneksi Galang Prestasi.


Posting Komentar untuk "Fenomena NFT jadi Primadona yang semakin Mempesona"