Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mata Uang USD Bakal Tergantikan oleh USDT?

Mata Uang USD Bakal Tergantikan Oleh USDT?


Apa itu USDT atau United States Dollar Tether?


Mata Uang USD Bakal Tergantikan oleh USDT? Well, sebagian besar pakar ekonomi dunia sudah lama memprediksikan rumor tersebut. Dan memang apa yang tengah ramai diperbincangkan ini bukanlah isapan jempol belaka. Berbagai Platform atau media cryptocurrency baru-baru ini mulai memperlihatkan penetrasi dan pergerakan signifikan. Semua ini bisa dilihat dari semakin melambungnya Binance dan Tokocrypto, alhasil crypto pun mulai perlahan meningkat, dan akhirnya berimbas kepada USDT pun semakin menarik banyak peminat.

Topik hangat yang menjadi tren di kalangan anak muda milenial, Selain dijadikan sebagai instrumen investasi, USDT juga mulai kerap terus digunakan sebagai alat transaksi dan selalu dibandingkan dengan USD sendiri. USDT sendiri termasuk hadir di moment yang tepat di saat orang-orang sedang mencari Peluang bisnis dan juga investor asing yang sedang mengintip bisnis apa yang sedang tren di Indonesia.

Walaupun USDT merupakan salah satu pemain baru jenis cryptocurrency yang satu ini masuk ke dalam stablecoin dan nilainya berpacu kepada Dollar AS. Contoh 1USDT = 1USD

Perlahan tapi pasti, USDT kini semakin populer dalam dunia kripto menyusul Bitcoin dan Ethereum.

Mengenal Istilah Blockchain, Stablecoin.

Supaya tidak bingung dan sesat, yuk kita simak penjelasan di bawah ini. 

Sebelum berangkat lebih jauh lagi, ada baiknya kita kenali beberapa istilah seperti blockchain, stablecoin untuk pemahaman dasarnya.

- Blockchain berasal dari kata Block = Kelompok, Chain = Rantai, yang artinya kelompok rantai data yang diciptakan dengan teknologi yang berhasil mengubah dunia dengan sistem penyimpanan atau Bank Data. Secara digital Blockchain terhubung dengan kripto, dan penggunaannya tidak terlepas dari bitcoin dan cryptocurrency lainnya.

- Stablecoin, sesuai dengan asal kata stable yang diartikan sebagai kata stabil. 

Jenis mata uang kripto yang ditawarkan adalah harga kripto yang stabil dan didukung oleh aset cadangan. Tujuannya tidak lain supaya menjaga keseimbangan nilai supaya tidak terlalu bergejolak dan bisa dijadikan ajang investasi yang mendatangkan hasil imbal yang sesuai dibandingkan bunga bank atau investasi lainnya.

Apa perbedaan USDT dan USD?

USDT:

- mempunyai nilai tukar yang sama dengan mata uang tradisional di dalam bank
- berbasis Blockchain dan juga masuk kategori Stablechain yang dijamin mata uang tradisional
  (jaminan oleh crypto dengan menggunakan cadangan mata uang crypto, ada juga crypto yang tidak     dijamin oleh apapun tapi masih tetap beroperasi layaknya bank cadangan.) 

Intinya, USDT secara khusus dirancang sebagai media perantara antara mata uang asli trandisional dengan cryptocurrency, dimana kripto lebih menawarkan stabilitas, transparansi, dan biaya transaksi minimal kepada pengguna.

Perbedaan paling utama dari USD dan USDT tertuju pada regulasi dan kebijakan yang diterapkan.

USD di bawah naungan langsung oleh Regulasi Federal Reserve Amerika, sedangkan USDT adalah mata uang kripto yang diciptakan oleh Perusahaan Tether Limited. 

Kesimpulannya, apakah USDT bisa terus digadang-gadangkan menjadi pengganti USD? Sampai detik ini masih belum bisa dipastikan pembuktian USDT adalah mata uang yang benar-benar dijamin oleh Dollar.

Asal Mula USDT dan Lika Liku Perjalanannya

Sejak tahun 2014, USDT sudah ada dengan nama Realcoin, yang kemudian berganti nama seiring waktu oleh beberapa penggagas awal USDT atau Tether melalui Omni Layer Protocol. Sebuah divisi yang sebelumnya dikenal dengan nama Mastercoin Foundation yang khusus menangani koin kripto dan dijadikan sebagai pondasi teknologi cryptocurrency Tether. 

Dengan didukungnya mata uang YEN, USD dan EURO, Tether pun mulai meluncurkan dana di awal 2015, tepatnya di bulan Februari dengan suntikan awal USDT 6juta yang kemudian terus tumbuh menjadi US$2,8 Miliar di 2 tahun berikutnya yaitu di 2017 lalu. Dengan pertumbuhan yang sangat signifikan Tether pun mulai mendominan di pasar Bitcoin dan mulai diminati masyarakat luas hingga hari ini. Terhitung hingga awal 2020, USDT telah bertambah hingga 900juta token yang mencakup hampir 22% dari total keseluruhan persediaan.

Nah, gimana teman-teman menarik kan ulasan mata uang digital ini? Buat yang mau cobain beli bisa langsung ke tutorial nya atau bisa langsung mencari broker di aplikasi terpercaya dan terdaftar di BAPPEBTI

Minimal pembelian USDT cukup dengan hanya Rp. 10.000,- hingga 50.000 saja. Tinggal kirim data ke rekening bursa via rekening pribadi kita, setelah berhasil baru kita lakukan transaksi jual beli. Gampang bukan? Selamat mencoba. Saatnya berkarya bukan bergaya. Salam Sibelancar, Situs Semua Bisnis Lancar.


Posting Komentar untuk "Mata Uang USD Bakal Tergantikan oleh USDT? "