Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HASIL PIALA DUNIA QATAR 2022 TERASA SANGAT TEPAT

 Saya bukan penggemar berat sepak bola, saya mengikuti perkembangan dunia sepak bola hanya sebatas kagum dengan beberapa pesepakbola yang menginspirasi dan kagum dengan kerennya proses terciptanya gol.

Sejak saya kecil mulai mengenal piala dunia hingga piala dunia 2022 ini saya tidak pernah menjagokan negara tertentu untuk menjadi juara, saya hanya NETRAL dan menikmati euforianya saja.

Sebagai seorang yang bukan penggemar sepak bola, netral di piala dunia dan dengan segenap pengetahuan saya tentang dunia persepakbolaan, saya memandang hasil akhir piala dunia 2022 kali ini terasa sangat pas dan tepat.



Alasan saya adalah sebagai berikut :

MAROKO.

Saya yakin Maroko adalah negara yang benar-benar luput dari pengamatan penggemar sepak bola di piala dunia 2022 ini, Maroko tidak diperhitungkan sama sekali, sekedar lolos ke babak piala dunia pun mungkin sekedar memenuhi syarat saja bahkan mungkin dianggap peserta "penggembira" piala dunia 2022.

Tidak ada yang menduga bahwa ternyata Maroko mampu masuk ke semifinal dan akhirnya menjadi juara ke-4, dua hal ini saja sudah merupakan gebrakan besar bagi Maroko, ini membuktikan Maroko juga mengalami kemajuan pesat di olah raga sepak bola dan bisa menjadi ancaman untuk negara raksasa sepak bola lainnya. Walau belum berhasil juara tapi status Maroko saat ini adalah sebagai negara yang sukses mencapai hasil terbaiknya, hal yang sangat disyukuri, setidaknya kekecewaan Maroko ( tidak berhasil juara ) tidak sepahit negara yg pernah juara di masa lalu tapi gagal juara di tahun 2022.

KROASIA.

Menurut saya apa yang dialami Kroasia di tahun 2018 cukup mirip dengan apa yang dialami Maroko di tahun 2022 ini. Kroasia di tahun 2022 ini jg menunjukkan konsistensi yg mereka ukir di tahun 2018, yaitu mampu menembus babak semi-final dan berhasil menjadi juara ke-3. Walau merosot satu posisi dari pencapaian mereka di tahun 2018 yang berhasil masuk final dan menjadi juara ke-2, tahun 2022 ini Kroasia resmi mengukuhkan diri mereka sebagai ancaman untuk negara-negara kuat lainnya. Sangat mungkin Kroasia untuk bisa menjadi juara hanya masalah waktu saja.

PERANCIS.

Sebagai juara bertahan, Perancis pasti memiliki beban berat untuk mempertahankan gelar juaranya, dengan Perancis berhasil masuk ke babak final dan menjadi juara ke-2, sebenarnya Perancis telah membuktikan mereka adalah tim hebat yang konsisten, mereka memiliki mental juara yang memang layak untuk menjadi juara, 

Perancis mampu menyamakan kedudukan setelah sempat tertinggal 2-0 bahkan memaksa Argentina hingga adu pinalti adalah buktinya. Perancis tidak perlu terlalu kecewa juga karena gelar juara milik Perancis di tahun 2018 sebenarnya masih cukup hangat dan Perancis bukan dalam kondisi puasa gelar juara piala dunia, satu-satunya kekecewaan Perancis hanya tidak berhasil menjadi juara secara berturut-turut.

Mengingat ada negara lain yang pernah menyandang status juara bertahan tapi sudah gugur di babak semifinal dan 8 Besar atau mungkin 16 Besar.

Bintang Perancis, Mbappe, usianya masih muda (red. 23 tahun) dan pernah mencicipi gelar juara piala dunia 4 tahun lalu, yang artinya belum berlalu terlalu lama. Mbappe masih memiliki harapan mengikuti beberapa kali piala dunia seperti yang dialami oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, sangat mungkin Mbappe akan kembali membawa Perancis kembali menjadi juara di piala dunia.

ARGENTINA.

Sebelum piala dunia 2022, status Argentina adalah sedang puasa gelar juara piala dunia, terakhir kali mereka juara adalah di tahun 1986 di Meksiko bersama bintang dan legenda sepak bola, Diego Maradona. Kesuksesan Argentina menjadi juara piala dunia merupakan perjuangan, penantian dan regenerasi pemain yang cukup lama.

Salah satu bintang yg menginspirasi dari Argentina, Lionel Messi, ia adalah salah satu pesepakbola terbaik di dunia dengan jutaan penggemar. Di tahun 2022 ini Messi sudah mulai masuk usia pensiunnya, piala dunia Qatar 2022 juga menjadi piala dunia terakhirnya, jutaan orang di dunia ingin melihat bagaimana Messi menyelesaikan akhir kariernya dengan Lancar.

Tidak ada yang lebih manis bagi atlet sehebat Messi yang akan menutup kariernya dengan sebuah kemenangan juara piala dunia yang manis sebagai pelengkap prestasinya, jutaan orang juga ingin melihat Messi mengangkat trofi piala dunia, hal ini sekaligus mensejajarkan Lionel Messi dengan sang senior, Diego Maradona.

Semua hasil akhir piala dunia 2022 ini terasa pas dan tepat, terlepas dari seluruh drama dan konflik yang terjadi selama perhelatan piala dunia.

Apapun hasilnya, terima saja dengan lapang dada bahwa tim dengan peforma terbaiklah yang layak menjadi juara.

Selamat untuk Argentina.

Salut untuk Perancis.

Respect untuk Kroasia dan Maroko.

Tetap semangat untuk negara-negara yang lolos ke piala dunia tapi belum berhasil juara.

Jangan menyerah untuk negara-negara lainnya yg belum berhasil lolos ke piala dunia.

Salam dari Penulis, Bung Rudy Kemawan

Posting Komentar untuk "HASIL PIALA DUNIA QATAR 2022 TERASA SANGAT TEPAT"