Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENYELAMATKAN UANG NEGARA

Menyelamatkan Uang Negara

Sejak dulu Saya sudah sering melihat uang logam yang tergeletak begitu saja di jalanan tanpa ada orang yang mau memungutnya, saat itu Saya juga tidak memungutnya. Tapi sejak tiga tahun lalu (2018- 2019) Saya mulai memungut semua uang logam ini dari tepi jalan di sekitar rumah Saya.

Nilai Penting yang terabaikan

Saya mencoba memahami alasan mengapa banyak orang yang tidak memungutnya, di antaranya karena NILAI-nya dianggap terlalu kecil untuk dibelanjakan, kondisinya kotor dan rusak, hingga ada rasa GENGSI yang terusik karena takut dicap mata duitan atau disangka miskin.



Saya pribadi memutuskan menyingkirkan rasa gengsi Saya untuk memungut SETIAP uang logam yang Saya temui di pinggir jalan. Seiring berjalannya waktu, ada rasa puas di hati saat berhasil memungut semua uang logam yang sudah tertutupi debu, lumpur bahkan kotoran becek di pasar. Uang logam ini bahkan sudah tidak dipungut lagi oleh tukang parkir, tukang becak, tukang ojek atau siapapun yang melihatnya tergeletak di jalanan. Dan tidak jarang Saya memungutnya tepat di hadapan mereka yang memperhatikan Saya.

Saya memang bukan anggota KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) yang bisa menyelamatkan uang negara hingga miliaran atau bahkan triliunan Rupiah. Semua uang logam ini juga tidak membuat Saya kaya raya hingga mampu membeli rumah mewah dan mobil mewah.

Ada 3 alasan mengapa Saya memungut uang logam yang terabaikan ini:

1. Ada lambang negara Indonesia, Burung Garuda Pancasila, tercetak di permukaan koin, lambang yang kita banggakan sebagai Lambang Bangsa Indonesia.

2. Menyelamatkan NILAI yang tercetak pada koin yang bila memungkinkan bisa digunakan kembali sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia.

3. Negara mencetak semua uang logam ini menggunakan BIAYA BESAR untuk membeli BAHAN BAKU uang logam.

Bila semua uang logam yang kita temui di jalanan ini tidak kita pungut dan kita gunakan lagi maka NILAI-nya akan hilang begitu saja, dan ini menjadi kerugian bagi negara.

Diyakini masih ada sangat banyak uang logam yang terabaikan begitu saja di jalanan seluruh Indonesia, walau kita tidak akan tahu pasti berapa nilai totalnya tapi sangat mungkin NILAI-nya bisa membuat kita tercengang jika berhasil dikumpulkan.

Harapannya semua masyarakat Indonesia bisa ikut berpartisipasi menyelamatkan uang negara ini, caranya sederhana dan bisa dilakukan oleh siapapun, hanya cukup dengan memungutnya dan menyelamatkan kembali nilainya. Semua uang logam ini berharga, jangan biarkan semua uang logam ini dicetak oleh negara dengan niat baik tapi menjadi SIA-SIA dan TIDAK BERMANFAAT.

#selamatkanuanglogamindonesia

Salam Dahsyat




dari Penulis yang selalu menginspirasi kita semua, Bung Rudy Kemawan

Posting Komentar untuk "MENYELAMATKAN UANG NEGARA"