Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hari Valentine adalah Hari Kasih Sayang

Hari Valentine Adalah Hari Kasih Sayang


Di Indonesia sering kali diperdebatkan soal hari Valentine atau yang biasa kita sebut hari KASIH SAYANG. 

Tentu saja ini adalah hak semua orang untuk menilai tentang hari kasih sayang ini. Tapi saya tertarik untuk memberikan pandangan saya tentang hari kasih sayang ini.

Asal Muasal Kata Valentine, Siapa Sosok Sebenarnya Nama Valentine itu?


Valentine konon adalah nama tokohnya, kisahnya ini yang kemudian menginspirasi ditetapkannya hari kasih sayang. Tapi sebenarnya kita bukan memperingati tokohnya tapi memper-INGAT-i ( Bukan merayakan ) nilai KASIH SAYANG-nya.

Sama hal nya dengan hari Kartini, ibu R.A Kartini adalah nama tokohnya, kisah sepak terjangnya yang kemudian menginspirasi untuk ditetapkan sebagai hari Kartini, tapi sebenarnya kita memperingati nilai EMANSIPASI WANITA-nya.

Selain itu, Tapi mungkin ada sebagian Orang yang bilang :


1. Hari KASIH SAYANG adalah milik budaya Barat, bukan budaya Indonesia, jadi untuk apa ikut-ikutan memperingati harinya budaya Barat.

Pandangan saya :
Hari KASIH SAYANG mungkin dipelopori budaya Barat, tapi bukan berarti KASIH SAYANG hanya milik budaya Barat. Kasih sayang adalah milik semua umat manusia, apapun ras, agama, budaya & negaranya, bahkan juga milik semua makhluk hidup.

Sama halnya dengan kita setiap tahun memperingati hari Ibu, bukankah kita SETIAP SAAT harus memahami peran penting seorang ibu, bukan setiap tahun ?

Tapi tetap saja kita memperingati hari Ibu SETIAP TAHUN-nya.

Sama halnya juga dengan hari AIDS sedunia, bukankah SETIAP SAAT kita harus waspada akan bahaya AIDS, bukan hanya waspada setiap tahunnya ?

Tapi kita tetap memperingati hari AIDS sedunia SETIAP TAHUN-nya.

Mengapa ? Semua ini karena kita manusia adalah makhluk PELUPA, manusia PERLU untuk di-INGAT-kan kembali, paling tidak sekali dalam satu tahun.

2. Untuk apa kasih sayang diperingati setiap tahun, kasih sayang itu harusnya diberikan setiap hari, bukan setiap tahun.

Pandangan saya :
Betul, idealnya memang begitu. Tapi di jaman sekarang, ada banyak berita yang kita baca seperti : 
- Pembunuhan dalam sesama anggota keluarga, antara suami dan istri, orang tua dan anak, kakak dan adik.
- Perudungan yg sering terjadi, bahkan dilakukan oleh anak2 yg usianya masih belia.
- Tindakan2 kriminal dan intoleransi.
- Pembunuhan terhadap masyarakat oleh para teroris2 yg bahkan melibatkan anak2.

Dan masih banyak lagi contoh kasus yang menyedihkan seperti ini.

Menurut saya KASIH SAYANG kelihatannya sudah terkikis dan semakin menipis di Indonesia bahkan di dunia.

3. Hari kasih sayang hanya dijadikan ajang untuk berpesta, berbuat maksiat atau sex bebas.

Pandangan saya :
"HARI" kasih sayang adalah suatu "NILAI" yang tidak berwujud.

"MAKSIAT" adalah tindakan / perbuatan manusia yang dilakukan secara sadar.

Jangan salahkan "HARI" nya, salahkanlah TINDAKAN MANUSIA-nya yang menyalahgunakan hari kasih sayang untuk berbuat maksiat.

Jika dianalogikan seperti seseorang yang membunuh dengan pisau, tapi malah menyalahkan pisaunya. Jangan salahkan "PISAU" nya,  salahkan-lah TINDAKAN MANUSIA-nya yang menyalahgunakan pisau untuk melakukan pembunuhan.

Rasanya lucu kalau menuding pesta pora, maksiat dan sex bebas hanya dilakukan saat hari kasih sayang saja, padahal TINDAKAN NEGATIF APAPUN bisa dilakukan oleh manusia SETIAP SAAT !!!


Kesimpulan :
Hari kasih sayang bisa jadi momentum untuk semua orang. Momentum untuk kembali diingatkan untuk meluangkan waktu memberikan kasih sayang yang TIDAK SEMPAT atau JARANG kita berikan pada keluarga, kakek nenek, orang tua, istri, suami, anak, cucu, sahabat, pacar, atau bahkan sesama manusia.

Terkait hal negatif seperti maksiat atau sex bebas, itu kembali pada mental manusia itu sendiri, tidak ada hubungannya dengan hari kasih sayang.

Tidak ada salahnya juga para jomblo menggunakan hari kasih sayang sebagai momentum untuk mencari BELAHAN JIWA, karena tidak mudah untuk seseorang mendapatkan belahan jiwanya yang nantinya akan saling mendampingi hingga akhir hayat.

Ini sudut pandang saya pribadi, benar atau salah, semuanya tergantung sudut pandang kita masing-masing.

Selamat Hari Kasih Sayang, Salam Semua Bisnis Lancar, Sibelancar dari Sang Penulis yang selalu setia menemai kita semua dengan semangat penuh untuk menginspirasi kita semua di hari yang penuh Kasih ini, Salam Sehat Sukses selalu

Posting Komentar untuk " Hari Valentine adalah Hari Kasih Sayang"