Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Terbaik Membangun Semangat Pagi

Inspirasi pagi berawal dari sini. 9 Tips Terbaik biar lebih Semangat di pagi hari. 
Semangat itu bisa diciptakan, lalu ditularkan. Namun, kita sendiri juga yang harus mempertahankannya.

Begitu pula halnya dalam mengawali pagi hari. Ini menjadi bagian terpenting dalam menjalankan aktifitas kita. Coba tanyakan ke diri Anda, kapan terakhir kali Anda merasakan Semangat yang luar biasa Dahsyat dalam diri Anda? Apakah ada yang salah dengan rutinitas Anda yang gitu-gitu saja? Atau penampilan Anda mungkin perlu sedikit dirubah menjadi lebih menarik? Atau malah kudu cobain hal-hal baru biar terlihat eksentrik?
Nih, siapkan hati dan pikiran biar tertular semangatnya yang luar biasa ini.

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat tuhan yang maha esa. Eh Salah, sangking semangatnya nih penulis jadi terbawa suasana. hehehe Yes Semesta begitu mencintai kita semua. 

Cara kita membalas hanyalah dengan banyak bersyukur (itu satu-satunya obat paling mujarab untuk mengobati pikiran). Sambil Menikmati indahnya cahaya mentari yang berbalut embun pagi. Seakan memberitahu kita akan selalu ada sepenggal harapan baru. (Baca Buku berjudul Design your hope). Nah, jika kamu merasa harimu kurang asyik, kamu masih ada hari esok. Itu sebabnya tuhan menciptakan hari esok.

Ingat bahwa di pagi hari itu lah kita mengisi jiwa kita dengan energi positif dan mulai melangkah maju menuju kebahagiaan mutlak diri kita. 

Nikmati momen terindah dalam ketenangan dan kesunyian. Seiring waktu berlalu, manusia semakin bisa belajar lebih menghargai apa yang ada di sekitar mereka. Sekali lagi, salah satu obat stres cuma satu, yaitu: Bersyukur


Mari kita gubris satu per satu, monggo: 

1. Tidur yang cukup

Banyak yang menyepelekan hal penting ini. Jika tubuh kita sudah dibekali tingkat inteligensi yang tinggi untuk memberikan yang terbaik. Lantas apa yang kita harapkan dari kesehatan diri kita? 

Tidur bukan hanya sekedar soal istirahat. Tetapi juga memberi kesempatan untuk pikiran dan jiwa me-reset diri. So, ini adalah urutan pertama yang terpenting. Tau kan efeknya jika kurang tidur itu sangat berbahaya? Mulai dari depresi, obesitas hingga diabetes loh.

Tetapkan rutinitas tidur yang sehat. Jika yang Anda inginkan bangun pagi dengan penuh semangat yang terbaik. Anda harus konsisten tidur dan istirahat teratur. Cobalah untuk disiplinkan diri. Ingat tebarkan senyuman untuk diri Anda sendiri sebelum beranjak dari kasur. (ini jurus paling ampuh yang selama ini menjadi misteri). Coba dan buktikan sendiri ampuhnya reaksi senyuman ke otak manusia. 

2. Hindari penggunaan alat elektronik, gadget dan alat teknologi lainnya sebelum tidur

Kualitas tidur Anda sepenuhnya bergantung dari beberapa jam sebelum Anda Tidur. Jika sambil main hp dan nonton tv drama korea, yah begitulah kualitas tidur Anda. Cobalah untuk hindari penggunaan semua alat teknologi satu jam sebelum tidur. Rasakan sendiri perbedaannya. 

3. Tentukan Rencana To Do List Anda di Pagi Hari

Ada pepatah China kuno yang bunyinya kurang lebih seperti ini: 
"早起三招,挡一功  (Zhao Qi Shan Zao, Dang Yi Gong).

"Bangun pagi 3 hari berturut, pekerjaan seharian pun terselesaikan." Artinya kurang lebih jika kita mendisiplikan diri untuk konsisten terus bangun lebih awal, maka anggapanya pekerjaan kita seharian pun bisa terselesaikan. Kata-kata bijak ini lah yang sering saya terapkan untuk memperbaiki kualitas pemikiran supaya bisa lebih sehat dan disiplin dalam melakukan pekerjaan. Kebiasaan bangun pagi yang dimaksud bisa saja mencakup kegiatan seperti olahraga, meditasi, atau hal produktif lainnya. 

4. Olahraga di pagi hari

Semangat dan energi kita umumnya lebih terdorong untuk melakukan hal produktif di pagi hari. Jam 10.30 ke atas itu adalah moment paling efektif. Bayangkan selesai olahraga dan mandi air dingin yang sueger poll dan secangkir kopi hitam pahit yang menanti kita siap menyambut hari yang lebih semangat lagi. Beberapa pilihan untuk olahraga bisa saja mulai dari gerakan sederhana misalnya dari hal yang paling kecil "No jumping work out" by @emywong, bisa dipilih durasi yang diinginkan. Bisa juga berenang selama 10 hingga 20 menit. Cobain deh, semua berawal dari 5 menit!

5. Konsumsi Air mineral

Minum air putih secukupnya Begitu beranjak dari kasur dan mulai melangkah keluar, ingat minum air putih dulu sebelum ngapa-ngapain. Tapi, ingat juga sebelum diminum, kumur-kumur dulu yah biar kumannya dibuang dulu. Baru deh abisin tuh air minum biar semangatnya juga langsung meningkat. Selain mengurangi dehidrasi tubuh, air juga penting karena 80% tubuh manusia sebenarnya adalah air itu sendiri. 

6. Kurangin sarapan pagi yang terlalu berat

Banyak yang beranggapan "Sarapan seperti layaknya seorang Raja di pagi hari" itu mutlak harganya. Tapi perlu diperhatikan, karena tidak disarankan terlalu berat juga makannya. Pas makannya sih gak berasa ya, tapi setelahnya itu. 

Bawaannya jadi goblok dan membuat Anda merasa lesu dan malas di pagi hari. Tuh kan?! Secara Kata "Break-Fast" itu jika diartikan ke bahasa Indonesia adalah Buka Puasa. Cobain deh makan yang sehat dan ringan. Rasain sendiri bedanya. (Boleh dicoba juga baca intermiten fasting / metode puasa.

Karena lebih penting jam berapa Anda Makan, daripada Apa yang Anda Makan. 

7. Puterin lagu kesukaanmu yang energik

Nih, ini bukan sih yang paling sering dilakuin anak-anak muda semasa zaman sekolah dulu? Lagu terfavorit mereka tiap pagi diputerin terus berulang kali tanpa merasa bosan. Dengan volume speaker yang tinggi dan enerjik jelas membantu meningkatkan semangat dan motivasi Anda di pagi hari. Hayoo, masih sering gitu gak? Kalau mulai kendor, artinya mulai tuir lo! haha Tetap SEMANGAT!!!

Yeah, the music is getting louder as you grow older. Jangan kebalik yah Haha

8. Resapi dan Nikmati Cahaya Matahari dan udara pagi hari 

Ini nasehat Saya untuk semua orang di luar sana. Hidup di zaman gadget serba modern membuat manusia semakin jarang ngapa-ngapain di pagi hari. Berhati-hati dengan gaya hidup Anda bersama Teknologi. Sebisa mungkin kita tetap mendekatkan diri dengan alam. Matahari adalah unsur yang paling minim dan tidak bisa ditawar lagi. Mendapatkan cahaya pagi hari dan sekaligus menikmati udara pagi itu ibarat kita mengikis semua unsur negatif yang ada di tubuh kita. Pastinya 100% mood Booster dan semangat Anda juga jadi ter-charge ulang poll penuh semangat! 

9. Procastination 

Last but not least, Stop menunda-nunda. Nih, kalian sering dengerin lagu Pop Rock yang bahas tentang ini? Coba perhatikan lagu GreenDay dan Simple Plan. Mereka adalah salah satu Group Band yang tetap eksis karena disiplin mereka. Orang yang kebanyakan rencana dan sedikit bekerja itu pelan-pelan membunuh dirinya. By the way, siapa penyanyi terfavorit Anda dengan lagu Andalannya? 

Anda terpaksa atau dipaksa mengalah dengan semangat Anda dan menjadi lesu dicampur Stress?

Coba lah menjadi produktif dan minimal selesaikan tugas kecil Anda walaupun hanya satu. Tentukan tugas yang perlu dilakukan di pagi hari. Tanyakan pada diri Anda sendiri, seberapa produktif Anda Hari ini? Semua hal kecil yang diselesaikan membawa kita menuju ke hal-hal lain yang lebih besar lagi.

"Dikit-dikit lama-lama jadi Bukit." Jika Anda masih melakukan hal yang sama terus menerus tahun ini dan tahun sebelumnya. Itu artinya Anda sudah mengalami kemunduran. 
Biar semua urusan menjadi lancar selancar di Situs Semua Bisnis Lancar, Sibelancar dengan bangga berharap Anda akan tertular semangatnya. Ingatlah untuk membangun semangat bukan hanya tentang kebiasaan kecil belaka. Itu semua juga membutuhkan pengelolaan waktu dengan disiplin tingkat tinggi.
Selamat mencoba dan mulailah hari Anda dengan semangat dan energi yang lebih baik lagi. Impian dan tujuan Anda sedang menantikan Anda. 

Posting Komentar untuk "9 Tips Terbaik Membangun Semangat Pagi "