Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agen (Asuransi) TOP Hengkang. Ada Apa di Baliknya?

Bisnis di bidang jasa sudah biasa. Banyak pemain yang diibaratkan layaknya pesepak bola profesional. Financing memang sudah menjadi tren sejak dulu hingga sekarang. Financing itu sendiri memiliki arti spesifik yaitu Pembiayaan. Apapun alasan orang untuk berpindah tempat dari 1 perusahaan ke yang lain, itu pasti sudah ada pertimbangan matangnya. Praktek financing yang ditujukan kepada seseorang atau group agency tentunya berdampak positif bagi perkembangan perusahaan.


Dimulai dari tahap awal identifikasi agen yang berpotensi, melancarkan tahap negosiasi hingga teken kontrak perjanjian transfer layaknya seorang pemain sepak bola profesional Eropa. 

Tulisan Artikel ini menjadi menarik ketika seorang sahabat jauh yang tiba-tiba menghubungi untuk berbicara soal financing di industri asuransi ini. Terlintas sejenak kenapa tidak dibahas saja dan dituangkan ke dalam podcast topik yang panas ini. Apa saja yang dibahas? Tentunya sangat menarik untuk dikupas tuntas di pembahasan kali ini. Ikuti terus, ok?

Jenis Financing (Pembiayaan) Dunia Asuransi 

1. Dana Pengembangan Agen

Pembiayaan yang disediakan perusahaan untuk membantu agen baru dalam memulai karir bisnis mereka. Dana ini mencakup: biaya pelatihan, pemasaran, hingga biaya perjalanan mereka. Banyak yang tidak paham tentang ikatan kontrak yang disodorkan perusahaan kepada si Agen ataupun Leader Agency ini.

Dana pembiayaan ini biasanya diberikan dalam bentuk pinjaman yang harus dikembalikan oleh agen dalam jangka waktu tertentu.

2. Uang Muka Agen

There is no FREE LUNCH! Perusahaan asuransi memberikan sejumlah uang kepada agen dengan harapan supaya agen bisa berkembang besar dengan melakukan tugasnya yaitu membawa agen-agen lainya sebanyak mungkin untuk diajak bergabung. Yah, kalau masih mulai dari nol lagi buat bangun agen baru, emang keburu sih ya, tapi yah begitulah. Uang muka agen biasanya tidak perlu dikembalikan oleh agen, namun setiap kebijaksanaan perusahaan tentunya berbeda. Ini seperti diajak mengikuti sebuah perjalanan untuk melihat-lihat kondisi di "SORGA" seperti apa? Hahaha j/k

3. Bonus Rekrutmen

Bonus diberikan kepada Agen yang berhasil mendatangkan atau merekrut agen baru. Tentunya uang tunai dalam jumlah yang cukup fantastis dan bisa membakar semangat juang sang agen baru.

Pemilihan jenis pembiayaan yang tepat bergantung kepada beberapa faktor di antaranya: kondisi keuangan sang Agen. Sebelum bergabung biasanya sang Agen diminta untuk memperlihatkan SOA (statement of income) berjalan dari tahun berjalan. Hal ini semata untuk memastikan nilai dari performa sang Agen selama menjalani profesi agen asuransi.

Financing Sayang, Financing Malang

Persaingan yang ketat dari waktu ke waktu membuat banyak orang berfikir untuk mengambil langkah pintas yang belum begitu jelas. Yah, at least jika ada peluang baru yang datang di saat yang tepat, why not?! Namun, masih banyak pertimbangan yang perlu dipikir ulang. Perusahaan yang mengeluarkan biaya yang tinggi itu tidak mungkin duduk diam saja. Beban masing-masing peran pasti sangat terasa.

Belum lagi kita melihat beberapa kejadian yang menimpa rekan-rekan kita di perusahaan lain. Ada yang dibawa sampai ke jalur hukum karena selisih paham yang tak berujung. Semua itu ujung-ujungnya demi uang. Di saat orang sedang terpuruk pikirannya baru terbuka, mana ada orang yang lagi senang-senangnya menikmati karirnya bersedia diajak hengkan? 

Bahkan ada yang melaporkan bahwa setelah 5 hingga 6 tahun berlalu pun masih tetap aja dikejar balik oleh perusahaan tersebut dengan dalih hutang. Alasannya si Agen dulunya pernah teken kontrak financing dengan perusahaan tersebut dan menikmati sejumlah uang. Teguran tersebut berupa surat tertulis dijuukan kepada si Agen. Padahal target tercapai dan trip jalan-jalan pun sudah diberikan. Lho koq Bisa? Anehnya lagi kejadian yang sudah lewat 5 tahun baru sekarang diangkut balik? 2018 ke 2024

System = Input + Output

Trial & Error yang dilakukan selama ini bukan hanya tidak efektif, tapi juga tidak berjalan dan ketinggalan zaman. Penyesuaian untuk percepatan income tidak berjalan lurus dibandingkan jumlah man power orang yang menjalaninya.

Produktifitas (Produksi + Aktifitas) yang terdata tidak sebanding dengan jumlah omset yang dicapai. Artinya orang yang jago jualan itu yah itu-itu saja orangnya. Tidak ada melahirkan new star sama sekali. Malah banyak yang berguguran. 

Permasalahan yang selama ini terjadi dari sisi POV Penulis adalah tentang penekanan terhadap penjualan pribadi setiap agen. Angka omset yang tinggi menjadi beban tersendiri, karena setiap tahun harus menghadapi tantangan yang berbeda. No Recuit means No Business. Namun, tools untuk merekrut selama 30 tahun belakangan ini yah gitu-gitu aja. Tidak ada perubahan besar di industri asuransi selama ini. Berbeda dengan sistem per-kereta-api-an di tanah air yang akhirnya bisa melampaui batas ambang kereta api cepat selama setengah abad ini. 

AZ PRO Solusinya!

Apa itu AZ PRO? Sebuah penyempurnaan sistem yang berjalan dimana cara rekrut yang sehat dan tepat bisa dijalankan. Pernah sadar gak sih gimana reaksi pasar Indonesia kita ini? Lihat saja koq bisa di hampir setiap rumah makan, selalu ada disediain kerupuk dan teh botol Sosro? Pasar kelas menengah bawah yang bisa tersentuh hampir di seluruh nusantara Indonesia?

Jika selama ini perputaran siklus penjualan agen yang berawal dari jualan pribadi hingga bangun team dan akhirnya tumbuh besar, begitulah seterusnya lingkaran tersebut berjalan. MDRT, COT, TOT, dan akhirnya Mat*. Semua bentuk penghargaan yang diberikan hanyalah kepada pencapaian pribadi agen tersebut. 

Saatnya Melangkah lebih Jauh 

Pernahkah kepikiran bahwa seseorang tersebut lama kelamaan akan kehilangan waktu dan kemampuan nya untuk melakukan servicing atau pelayanan kepada seluruh nasabahnya. Karena semakin lama semakin tinggi tuntutan servicing yang wajib diberikan. Belum lagi waktu untuk bersama Team, manajemen dan keluarga di rumah.

Dan btw, setelah perjalanan sang Agen tersebut selesai. Coba tanyakan apa yang ia tinggalkan selama ini? Piala-piala plakat plastik kaca itu kah? atau apa? Hanya 2% jumlah agen yang super jago jualannya dan capai setiap penghargaan dari perusahaan. Semua closing premi tinggi dan pasti jumlah nasabah yang beginian juga tidak banyak bukan? Yang ada malah jadi "super sales person" dan ujungnya kerja buat si Boss. Akhirnya Tidak ada Financial Security untuk orang yang Anda cintai.

Jelas bentuk piramida meruncing ke atas, dan melebar ke bawah. Kenapa kita tidak memilih bermain di 98% nya saja?


Your Leads We Work You Learn

Pilih AZ PRo, sambutlah para generasi muda dengan harapan baru untuk melangkah. Terlalu berat beban untuk dipikul oleh generasi mendatang. Karena "Transfer resiko" yang besar dan berat tetap akan berpindah tangan. (Red. Generasi Sandwich). Semua tekad dan ketekunan yang terpenting untuk membangun Keamanan Keuangan Keluarga (Family Financial Security Network). Build Your Legacy Income bersama AZ Pro! Salam Sibelancar, Semua Bisnis Lancar. PASTI HANDAL!


Posting Komentar untuk "Agen (Asuransi) TOP Hengkang. Ada Apa di Baliknya?"