Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Pelajaran Hidup dari Naik Motor

Penasaran apa saja yang bisa kamu pelajari dari berkendaraan terutama naik motor? 

Setelah baca artikel ini, pandanganmu tentang motor pasti berubah. 

Mengemudi motor itu membuat kita merasa bebas, merasakan hembusan udara segar di pagi hari dan disertai suara mesin. Jadi bukan cuma sekedar di jalanan dan riding dari 1 tempat ke tempat lainnya. Nih, biar Lancar semua urusannya kita langsung aja yuk.

Berikut 9 (Sembilan) Pelajaran Berharga yang bisa kamu dapatkan dari naik motor.

1. Motoran bukanlah sesuatu yang murah di zaman now

Elo pada pasti pernah denger, motormu cerminan dirimu. Kebebasan dan kemandirian dalam mengekspresikan dirimu menjadi kendali sepenuhnya di tangan si pemilik motor. Gak heran kalau anak sekarang semua bukan hanya lomba saling jadi influencer ke temen-temennya, tapi juga lomba cari jati diri dari motornya. 

So, sebelum kalian mulai motoran, simak dulu apa aja sih yang mahal selain perawatan motor itu sendiri?

Fashionnya Anak Motor

Penampilan fisik jelas menjadi sorotan pertama kali kita bicara motor yah. Karena perawatan motor itu sebenarnya juga relatif mudah. Ganti oli rutin misalnya, atau pemahaman sedikit banyak tentang mekanisme mesin hingga ke sparepart yang penting seperti ban, oli, dan aksesoris lainnya.

Kita mulai dari pelengkapan motornya saja, seperti jaket, sarung tangan, sepatu, tas jinjing (cek Eiger) hingga ke hal kecil seperti aksesoris motor si pemilik. Brand lokal maupun luar negri mulai membanjiri pasarn anak motor untuk berlomba supaya terlihat keren beken di mata teman komunitasnya. Sebut saja merk helm yang lagi marak di mata para pemotor seperti NJS, JPX, NHK, KYT hingga Shoei dan Arai. Belum lagi brand korea dan Italy yang harganya selangit. Jaket seperti RNW (Rabbit And Wheels) asal Bandung juga menjadi favorit anak muda sejak Presiden RI ke 7 kita Pak Jokowi mulai mem-branding-kan 1 merk lokal tersebut. Tidak lupa pula merk Yellow Corn juga patut diperhitungkan. Jadi sebenarnya kita mau fashion show atau mau motoran? Hahaha Jangan kaget kalau setiap sunmori banyak tukang foto alias fotografer mangkal di jalanan pada beberapa ruas titik jalan tertentu untuk mengabadikan para pemotor keren yang sudah tidak sabar menunggu di foto. Semua hasil foto akan diunggah ke satu akun instagram untuk kemudian di "jual-beli"kan di kalangan anak motor tersebut.

2. Fokus dan Konsentrasi

Kamu pasti jadi lebih sering mikirin motormu daripada hal lainnya. Fokus untuk mempercantik motor menjadi "Demam" para anak motor terutama yang masih pemula. Selain mengantisipasi kecelakaan, meningkatkan sistem keamanan bermotor juga penting. Semuanya semata untuk melatih konsentrasi pikiran kita dan juga kemampuan untuk bisa yakin dan tenang ketika berkendara di jalan. Apalagi kalau mulai menempuh jarak jauh bersama teman-teman touring. Jatuh cinta itu ternyata membuat kita mabuk kepayang. Hanya saja cintanya ini berbeda, motor andalan. 

3. Kamu jadi kebayang terus pengen punya motor lain lagi

Ngaku deh, angan-angan dan impian semua anak motor tentunya naik CC dari kecil ke besar. Hanya saja semua itu bisa dilakukan secara bertahap. Gak peduli seberapa hebat atau besar CC Motormu, kalau kamu gak bergerak atau diam aja yah sama aja boong. 

Cek temen motoranmu, motor mereka di rumah ada berapa? Pasti lebih dari 1 unit, kalau cuman 1unit doank itu masih belum full-time jadi anak motor sejati.

Namanya juga manusia biasa, kepuasan dan kebahagiaan yang mutlak itu gak pernah ada habisnya. Dikasi motor kecil maunya motor besar, dikasih motor besar takut gak bisa terkontrol. Sampai akhirnya lupa diri. Makanya dari awal kita sudah harus menyadari dan membatasi diri. Kalau motoran itu memang murni hanya sekedar buat having fun, buang suntuk, buang stres dan buat nambah lebih banyak temen lagi. Setuju?

4. Helm itu ternyata ada expirednya.

Sebelum mengenal anak motor, kita taunya naik motor itu yah cukup punya helm buat dipakai gitu saja. Namun, setelah ikut gabung dan melihat para anak motor, baru paham. Ternyata helm juga jadi pride-nya para pemotor selain sebagai pelindung diri.

Helm itu gak pernah cukup kalo cuman satu. Tanya deh sama anak motor semua. Ada helm cakil khusus motor klasik, ada helm full-face buat sporty gaya anak muda. Dan masih banyak lagi. So, selain buat gaya juga harus utamakan kualitas helm tersebut yah. Misalnya busa dan cangkang helm, hingga ke kaca dan tali helm. Pastikan semuanya nyaman dan aman dipakai. Baca juga tips perawatan helm motor dan pahami tanda-tanda helm kadaluarsa seperti kaca helm buram, tali helm longgar dan busa helm juga kempes dan tidak lagi nyaman dipakai.

5. Kamu bakal ketemu banyak orang baik di komunitasmu

Disinilah pembelajaran tentang solidaritas dan pertemanan. Ketika berbicara soal hobi laki-laki, memang sudah tidak heran lagi. Tidak ada perjalanan motor yang 100% mulus. Selama perjalanan ada saja jalan berlobang, tikungan tajam, kondisi cuaca yang tidak menentu dan berubah. Dari sini juga kita belajar untuk bisa terus beradaptasi dengan kondisi situasi apapun di luar sana yang tidak pernah ktia duga sama sekali. Kita dipaksa untuk berfikir lebih kreatif dan terbuka. 

Kita juga belajar untuk memahami prilaku dan tabiat dari pengguna jalan lainnya. Kapan harus mengalah, kapan harus ngotot jika diperlukan, dan utamakan keselamatan bersama yang paling penting.

Di sisi lain kita juga menjadi lebih lincah lagi untuk menghadapi rintangan yang akan datang. So, sudah siap motoran dengan teman-teman di luar sana?

6. Semakin sering kamu riding, semakin hebat skill ridingmu

Percuma kalau banyak gaya tapi skill motoran nya gitu-gitu saja? Berpenampilan menarik dan rapih itu penting, dan paling penting menjaga keselamatan berkendaraan. Standarisasi kenyamanan berkendaraan menjadi hal nomor satu. Selain jaket, pengaman, sarung tangan, sepatu dan helm. Ban motor juga menjadi faktor utama yang harus diperhatikan. Jangan cuma sekedar fashion semata untuk terlihat bagus, tapi tidak sesuai dengan fungsinya.

Pembalap sejati itu ketika jatuh pasti bangkit lagi. Lihat saja Valentino Rossi 46, the doctor di setiap pertandingannya, emang gak pernah jatuh? Bangkit lagi kan? Tanding lagi kan? itu..Semakin dia jatuh, ia juga belajar menjadi versi lebih baik dirinya dari waktu ke waktu. Kita juga musti begitu.

Touring jarak jauh dengan motor membutuhkan semangat tinggi dan pantang menyerah. Selain fokus konsentrasi serta kesehatan fisik, ketekunan juga menjadi pemicu penting dalam menghadapi tantangan cuaca, belum lagi salah jalan dan masuk ke pelosok tanpa sinyal internet atau telepon. Mental kita pasti dilatih disini, di saat menghadapi kesulitan di luar.

7. Nikmati keindahan alam dan kesederhanaan

Siapa yang tau sampai akhirnya kita membuktikannya sendiri. Bicara soal jauh dari hiruk pikuk kota, membuat kita semakin siap untuk menyisihkan waktu demi membawa diri ktia lebih dekat dengan alam. Perjalanan motor bisa saja terlihat sangat sederhana, pemandangan alam, persinggahan tempat makan sambil beristirahat dan bersenda gurau dengan teman. Kebahagiaan di luar materi menjadi satu-satunya kesederhanaan yang kita cari-cari. Bener kata Keanu Reeves ketika ditanya, apa yang membuat seseorang jatuh cinta kepada motor? "Ketika kamu mulai menaiki motor itu, jawabnya singkat."

Dan Mike Tyson juga pernah berkata, ternyata yang mahal itu adalah Nilai dari kesederhanaan yaitu hal-hal kecil yang kita nikmati sehari-hari. Semuanya bisa ditemukan di acara motoran bersama teman-teman touringmu. 

8. Kepuasan tak Terbatas yang sulit diungkapkan dengan kata-kata

Ada beberapa tipe rider yang memang berbeda. Sebagian orang tidak pernah mempermasalahkan seberapa jauh jarak tempuh yang diambil untuk bermotoran. Mereka hanya tau menikmati setiap detik perjalanan bersama-sama. Nah, sementara beberapa orang merasa jarak dan waktu itu penting juga. So, kita bisa sesuaikan dengan kondisi motor yang ada dengan destinasi yang dituju. 

Yang terpenting adalah kepuasan kita di saat berkendara dan ketika kita akhirnya bisa menyelesaikan misi perjalanan touring kita itu. Dari sini, kita bersyukur dan puas atas pengalaman baru yang tak terlupakan itu. Setiap momen indah sudah kita lewati, hidup menjadi lebih bermakna jika kita sudah bisa melihat sisi indah dunia secara seksama. Lakukan sedini mungkin selagi masih bisa. 

9. Sudah Seharusny kamu segera membeli motor impianmu itu!

Entah itu berupa motivasi diri ataupun hanya racun semata. Yang jelas selagi masih muda, lakukanlah supaya banyak cerita di hari tua. Apa yang menjadi kemampuan dan kebutuhan kita itu lah yang kita perjuangkan. Semua disesuaikan dari waktu ke waktu. Tanpa harus memikirkan apa pandangan orang lain tentang diri kita. Karena motoran bukan hanya sekedar pamer dan makan angin belaka. Banyak cerita di balik semua itu. Anak motor punya Cerita. 

"Its better to ride a 1000 miles than to read a 1000 books."

Kiri kopling, Kanan Gas. Kalau ada yang penting besok kita bahas. Salam Anak Motor #Sibelancar



Posting Komentar untuk "9 Pelajaran Hidup dari Naik Motor"