Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tren Pasar Properti Zaman Now

Semakin hari semakin mudah untuk kita mulai memiliki rumah impian. Tren pemasaran properti rumah pun ikut berubah sesuai zaman. Selain menjadi aset utama dan kebutuhan mutlak, membeli rumah juga menjadi salah satu keputusan terbesar dalam hidup seseorang. Tips membeli rumah pun wajib dibaca.

Tren pasar properti pun semakin menjadi primadona. Bukan hanya mengandalkan lokasi strategis, aksesibilitas ataupun teknologi digital saja. 

Lain Padang Lain Belalang, Lain dulu Lain sekarang. Era digital sekarang ini jauh lebih efisien dan mudah untuk memperoleh informasi dan platform online tentang jual beli rumah. Banyaknya info yang beredar dimana-mana, agen properti maupun pembeli rumah wajib punya panduan lengkap untuk mempermudah mereka. Dengan begitu, semua bisnis lancar jadinya. Yuk, mulai cari tau dulu.

Stop Thinking, Start Doing

Biar lebih terarah, mari kita bahas tips penting untuk membeli rumah di zaman now ini. Berikut 9 tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum mulai membeli rumah atau mencari agen properti.

1. Tentukan Budget dan Kebutuhan Anda:

Ada Rupa, Ada Harga. Semuanya bisa diatur sesuai kemampuan dan selera kita masing-masing. Spek rumah untuk pasangan suami istri yang baru menikah tentunya bisa berbeda dengan pasutri yang sudah memiliki anak. Selain lokasi area rumah, jumlah ruangan atau kamar juga menjadi pertanyaan. Apakah termasuk juga taman dan garasi di dalamnya? Semua terpulang ke isi kantong masing-masing, termasuk pula di dalamnya uang muka atau DP, KPR Bank untuk cicilan dan biaya pajak NJOP/ NPWP serta biaya lainnya.

2. Buatlah Riset Online:

Mesin Pencari google sangatlah reliable dan bisa diakses oleh siapapun. Pakai Virtual Tour untuk langsung melihat properti dari jarak jauh. Apalagi agen properti yang cekatan dan profesional sekarang pun banyak beredar. Platform online yang terdiri dari website agen properti, portal properti, hingga ke sosial media. Riset rumah secara online sudah sangat lumrah. Gunakan kata kunc yang relevan dalam mencari rumah. Misalnya: "Tren pasar properti", "Tips membeli rumah", "cara mendapatkan KPR". 

Dari situ kita mulai tau harga dan fitur untuk di-compare sana sini. Gampang kan sekarang banyak konten creator yang fasih jualan rumah. Baca ulasan netizen di kolom komentar supaya ada gambaran singkat biar gak kaget.

3. Temukan Agen Properti yang Tepat:

As easy as 1,2,3. Langkah ke 3 ini yang fatal. Pengalaman dan jam terbang agen properti menciptakan kesan dan reputasi yang baik kepada pembeli. Bisa memahami kebutuhan pembeli dan juga after-sales service-nya yang paling diutamakan. Pahami dan coba lebih Transparan soal berapa komisi yang Anda bayar kepada Sang Agen. Biar sama-sama enak, kita juga puas dan hubungan pun bisa berlanjut.

Bedakan antara agen properti dengan Konsultan Properti, Fokus dan pelayanannya berbeda.

4. Lakukan Kunjungan di Tempat

Setelah memilah-milih via virtual tour, next Anda bisa langsung meluncur ke TKP. Buat beberapa daftar rumah yang Anda minati, kunjungi. Kepuasan tersendiri bisa melihat langsung properti yang Anda minati. Sekalian bisa double check make sure semua sesuai dengan kondisi properti, lingkungan sekitar dan akses rumah sudah sesuai yang kita harapkan.

5. Mulai Bahas Soal Harga

Tepuk Dada Tanya Selera. Setelah melihat dengan mata kepala sendiri, niat dan minat serta keseriusan akan tampak dari penawaran dan negosiasi harga. Kita boleh mulai mengajukan harga yang relatif wajar dan tidak terkesan tawar lari. Jika Anda kurang fasih, boleh juga bernegosiasi dengan agen. Mungkin ada offer yang best dari pihak penjual setelah melihat agen. Ataupun bisa jadi ada persyaratan lain yang lebih menarik supaya bisa deal dan ketemu titik temu kesepakatan terbaik. Namanya juga cari Cuan, sama-sama harus bisa membuka komunikasi yang efektif dan proaktif.

6. Urus Administrasi dan Dokumen

Siapkan dokumen penting seperti KTP, KK, NPWP maupun dokumen pendukung lainnya. Jika berurusan dengan Bank, maka wajib lampirkan rekening koran atau mutasi bank dan bukti pembayaran pajak. Mustinya zaman digital semuanya sudah serba gampang dan cepat.

7. Pengajuan Bank untuk KPR (Just in case dibutuhkan)

Next, data yang lengkap tinggal dilanjutkan ke bagian Kredit Rumah. Sebagian orang mungkin bisa jadi tidak melalui KPR Bank. Namun, secara awam KPR menjadi alternatif paling favorit sejauh ini. Selain Bank juga rajin mengadakan Expo menawarkan suku bunga pinjaman rendah dan jangka waktu yang juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.  

8. Bedakan antara Agen Properti vs Konsultan Properti

Jika Anda bingung menentukan budget dan kebutuhan rumah Anda. Konsultasikan untuk mendapatkan nasihat, saran, analisis dan strategi dalam investasi properti. Karena fokus dan keahlian mereka memang lebih luas dibandingkan agen properti yang hanya sekedar membantu menguruskan jual beli rumah. 

Konsultan properti berfokus kepada strategi investasi properti, sedangkan agen properti fokus pada transaksi jual beli atau sewa properti. Dan biasanya jasa konsultan juga lebih mahal. Gimana? Tertarik untuk investasikan uang Anda ke pasar properti juga? 

9. Waspada terhadap Penipuan

Zaman yang semakin maju membuat para scammer juga semakin jago scam. Banyak hacker yang terstruktur di berbagai bidang industri untuk mencari celah penipuan. Waspadalah setiap saat. Jangan berikan data pribadi Anda sembarangan ke siapapun. Carilah Developer, agen properti yang sudah terkenal.

Secara garis besar, supply-demand atau permintaan rumah memang semakin meningkat. Kita lihat saja di kota Besar pada umumnya lahan kosong sudah menjadi rebutan para penguasa pasar properti. Harga rumah juga naik seiring waktu berjalan. Para generasi muda sekarang dibuat seakan-akan gampang untuk membeli rumah. 

Jelas terlihat para milenial menjadi pembeli utama rumah di Indonesia. Bank juga mulai melirik ke para kontraktor atau developer properti untuk berikan pinjaman dana segar untuk diputar.

Demikian info seputar tren pasar properti, besar harapan informasi ini bisa menjadi panduan untuk membantu pembeli dan penjual rumah dalam perjalanan proses transaksi jual beli nya. Semua Bisnis Lancar bersama Sibelancar.

Posting Komentar untuk "9 Tren Pasar Properti Zaman Now"