Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengetahuan Perangkat Keras Hard Disk

Pentingnya “Gudang” penyimpan Data Digital: Hard-disk

Berikut ulasannya sumber info dari Sibelancar

Dengan semakin maraknya penggunaan teknologi digital, maka penyimpanan data berharga Anda menjadi poin penting yang patut diperhitungkan.
Sekarang zamannya bisnis informasi, semakin banyak informasi di tangan, semakin di depan pula kita menatap perkembangan dunia secara keseluruhan. 

Fungsi hard-disk itu sendiri adalah menyimpan seluruh data yang ada di dalam computer/gadget Anda, baik itu program software, games kesukaan anda, referensi situs favorit Anda, bahkan OS/ operating System, semuanya akan tersimpan di dalam hard-disk Anda. So, jika hard-disk Anda sampai rusak, tamatlah riwayat Data Anda. Seluruh waktu dan informasi yang berharga di dalamnya akan hilang seketika. 
Berikan yang terbaik demi keutuhan data berharga Anda. Itulah alasannya kenapa umumnya orang lebih memilih untuk menyediakan ekstra tambahan hard-disk untuk back-up mencadangkan file ke dalam hard-disk lainnya. 

Kualitas dan Kuantitas Hard Disk

Data-data umumnya terdiri dari dokumen teks yang relatif kecil, gambar /foto digital, music, games dan bahkan kwalitas Video HD (High Definition) yang berukuran sangat besar. Hard-disk membedakan file berdasarkan ukuran dan kapasitas semata, dan tidak mengetahui perbedaan antara file yang satu dengan lainnya. Bahkan hampir semua Game PlayStation sekarang juga identik dengan penggunaan Hard-disk.
Apalagi kalau seorang fotografer, EO, Wedding Organizer, content creator, dan seniman lainnya yang aktif di dunia Digital Marketing.

Ukuran dan Kapasitas Data terbagi menjadi beberapa kategori, misalnya: 
Megabyte (MB), Gigabyte (GB) dan Terabyte (TB). 
Secara garis besar, 1 megabyte = 1 juta byte, 1 gigabyte = 1 miliar byte, dan 1 terabyte = 1 triliun byte.

Berikut tips yang perlu diperhatikan dalam menentukan pilihan penggunaan Hard-disk: 

1. Ukuran kapasitas Hard-disk 

Jika file yang Anda maksud hanya dijadikan sebagai cadangan / back-up file saja, dan hanya sekedar untuk memindahkan dan transfer file dokumen antar komputer, sebaiknya Anda memilih hard-disk yang berkapasitas lebih kecil seperti External hard-disk 500 gb. Dan apabila Anda ingin back-up seluruh isi file computer Anda yang banyak menyimpan File video, games, foto, audio, ataupun lagu-lagu berkapasitas tinggi, Anda jelas membutuhkan hard-disk 1 TB ataupun lebih. Sekarang sudah bisa diperoleh di online shop dengan harga yang sangat murah.

2. Koneksi / penghubung hard-disk 

USB (Universal Serial Bus) merupakan cara penghubung yang paling praktis dan aman, plug n play, cukup colokin ke lubang USB, computer Anda akan secara otomatis terdeteksi dan membaca serta menyimpan file Anda. Dikarenakan masih ada Hard-disk tipe lama yang menggunakan adaptor, selain besar dan repot, juga mengkonsumsi daya listrik yang lebih besar. Selebihnya, yang membedakan adalah pengoperasian secara teknis dalam memindahkan file tersebut dari satu wadah ke wadah lainnya. Kecepatan transfer file yang umumnya membedakan performa hard-disk. (red. SATA III, Firewire, USB 3.0, dan juga hard-disk wireless).

3. Transfer rate / kecepatan:

Secara teknis, di saat computer Anda bekerja, baik itu membuka file, dengerin lagu, ataupun memutar video dan bermain games. Hard-disk Anda sedang berfungsi dan piringan yang ada di dalam hard-disk akan berputar. Semakin cepat piringan tersebut berputar, semakin cepat pula computer Anda bekerja untuk menemukan file yang sedang Anda cari. Secara kasat mata, kita hampir tidak akan melihat perbedaan di dalam pengoperasian hard-disk. Kecepatan Hard-disk umumnya bekerja di kecepatan 7200 RPM (rotation per minute) dan 5400 RPM. Hanya saja kemungkinan di saat membuka file berukuran besar, akan ada perbedaan speed yang terlihat dalam performa hard-disk tersebut. 

4. Pilih hard-disk internal atau external? 

Apapun pilihannya, tentu saja masing-masing memiliki plus dan minus. Keduanya tersedia dengan ukuran 2.5" inci maupun 3.5" inci. 
Hard disk internal memberikan layanan penyimpanan internal dengan kecepatan tertinggi. Bahkan di era sebelumnya masih beredar hard-disk dengan pilihan IDE atau SATA walaupun di saat-saat sekarang ini sudah mulai susah ditemukan karena sudah ketinggalan zaman. 

Hard disk eksternal memberikan Anda penyimpanan dengan fleksibilitas yang lebih besar dan tersedia kapan pun Anda membutuhkannya dan tentunya portable dan bisa dibawa kemanapun dan kapanpun. Hard disk eksternal tersambung ke komputer Anda melalui kabel USB atau FireWire, seperti contohnya Backup Plus, atau bisa diakses melalui Wi-Fi/nirkabel, contohnya Wireless Plus. Semuanya sudah didominasi oleh beberapa brand merk terkenal seperti Western Digital dan Seagate, Toshiba, Hitachi, 

So, Biar Semua Urusan Bisnis Anda Lancar. Jangan salah memilih “tempat” untuk menyimpan seluruh data berharga Anda. Berdasarkan informasi yang telah kita rangkum dari berbagai narasumber, Hard-disk masih menjadi pilihan yang favorit walaupun sekarang sudah mulai didominasi oleh penerus nya yaitu SSD (Solid State Drive) yang lebih canggih lagi. Kita kupas di artikel berikutnya yah, semoga info berikut bermanfaat untuk kita semua. Salam Sibelancar.



Posting Komentar untuk "Pengetahuan Perangkat Keras Hard Disk "