Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Aspek ini Akan Membuat Anda Lebih Produktif dan Kreatif

9 Aspek ini Akan Membuat Anda Lebih Produktif dan Kreatif

Kapan terakhir kali Anda merasa sangat Produktif dan bersemangat? Apakah itu terjadi begitu saja dan tanpa disadari datang dengan sendirinya? Tentu saja semua itu ada penyebabnya. Nah, mari kita simak bersama-sama ulasan di bawah ini supaya kita tetap waspada, tetap kreatif dan inspiratif, yuk jos.

1. Semangat

Semangat Anda, Value atau Nilai hidup Anda, dan itulah Tujuan Anda! Jangan Plin Plan, Jangan Ragu. Semua berawal dari yang sulit, baru perlahan bisa terlihat dan muncul cara berbisnis sukses dan lancar.

Semangat itu bisa diciptakan, bisa ditularkan, dan bisa dipertahankan

Di pagi hari umumnya kita bangun dengan segar dan penuh semangat untuk menyambut awal hari yang baru. Taukah kamu jika di jam tertentu kita mulai menjadi aktif dan produktif? Itu salah satu cara usaha lancar dan sukses.

Beberapa riset dan hasil penelitian menyatakan bahwa mulai pukul 10.00 pagi sampai dengan 10.30 adalah waktu dimana tubuh kita sedang berada di kondisi paling semangat-semangatnya untuk aktif dan produktif. Bagaimana cara bisnis lancar dan sukses? Terapkan bangun pagi dan nikmati ketenangan suasana pagi hari.

Bayangkan setelah Anda bangun pagi dengan bermandikan air yang extra dingin dan super segar. Dan kemudian Anda disambut dengan kopi hitam panas yang luar biasa harum aromanya untuk melengkapi keindahan dan suasana pagi hari Anda.

Semua Semangat dan harapan itu bisa diciptakan, kita bisa bahkan merancangnya sedemikian rupa (baca. Design Your Hope) untuk kemudian ditularkan ke orang di sekitar kita untuk ikut menjadi semangat dan aktif produktif. Demikian cara agar usaha lancar hanya dengan secuil harapan kecil yang bisa merubah banyak hal.

Contoh paling gampang adalah ketika kita sedang melakukan pendekatan kepada seorang calon pelanggan. Ketika Anda lambat sedikit saja mendapat respon, atau Anda tidak mendapat kabar sama sekali, otak Anda bakalan berfikir gimana? Apakah Anda seorang yang positif thinking? atau malah negatif? Itu semua perlu kita latih terus menerus.

Contoh lain dari Dahsyatnya Semangat yang bisa ditularkan. Pernah dengar cerita bagaimana awal mula Perdana Mentri Singapura Bapak Lee Kwan Yew membangun Negara Singapura? 

Ini menarik karena di dalamnya terkandung semangat yang terus menerus diciptakan Beliau kepada seluruh warga negara Singapura dan yang tidak kalah pentingnya, Semangat Beliau juga pada waktu itu terus menerus ditularkan dengan banyak turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasi dan inspirasinya kepada seluruh warga. Dan singkat cerita, apa yang selama itu menjadi visi misi Sang Perdana Mentri pun terwujudkan di masa sekarang ini dan tetap dipertahankan.

Solusi untuk mempertahankan Semangat Tinggi

Nah, masalahnya untuk mempertahankan semangat itu kita perlu "Nutrisi" buat pikiran kita.

Contoh dengan sering-sering menutrisi pikiran alam bawah sadar kita dengan kata-kata positif yang membangun, yang memiliki power luar biasa, dan berimbas ke pikiran dan prilaku keseharian kita. Karena kita tau otak kita lebih mudah terpancing untuk berpikiran negatif daripada yang positif.

2. Daya Tahan / Stamina

Stamina Anda adalah Bentuk Ketangguhan Anda

Karena teori itu hanya 30%, selebihnya bergantung kepada Aksi nyata Anda, mau cuman ngomong doank? Atau Anda mau melakukannya?

Banyak dari kalangan tenaga penjual terutama di bidang pemasaran yang mengalami pasang surut di dunia penjualan yang ditekuni mereka. Teknik penjualan yang dipelajari dan diterapkan umumnya berkaitan erat dengan produk yang diciptakan. Namun di luar dari semua itu tanpa disadari para penjual atau sales ini mengalami titik jenuh yang tidak pernah mereka sadari. 

Alhasil, solusi sementara mereka adalah mencari alternatif cara lain ataupun berpindah haluan. Padahal berpindah-pindah di saat posisi masih belum tinggi itu sama saja dengan mengulangi semua dari nol dan hanya menghabiskan waktu saja. 

Ingat pepatah Filsafat kuno asal Prancis cara agar usaha lancar dan sukses.

Menang Kalah itu Hal Biasa, yang terpenting adalah Pelajarannya.

"Setiap orang harus kalah dalam pertempuran di masa mudanya, sehingga dia tidak kalah dalam perang ketika dia sudah tua." 

Tak ada Kata Menyerah untuk semua yang ingin dicapai

3. Kekuatan

Apakah Kekuatan itu dimiliki setiap orang? Ada sebagian orang memang terlahir memiliki DNA yang bagus dan kuat, namun untuk kebanyakan orang, kekuatan itu bisa dilatih dan dikembangkan. Misalnya untuk kekuatan fisik kita mengandalkan latihan fisik dari olahraga dan juga makanan yang memadai.

Anda tidak akan menjadi Kuat jika tidak dilatih. Latihan yang panjang dan terus menerus yang akan memberikan hasil, dan dari situ lahir dan tumbuh kekuatan. Nikmati prosesnya, rasakan hasilnya. Maka Kesuksesan itu pun menjadi suatu kebiasaan. Itulah inti dari cara bisnis berjalan sukses.

Pesannya adalah kita akan menjadi kuat dalam bidang kita jika kita banyak melakukan aktifitas. Tanpa aktifitas tidak akan terbentuk kekuatan. Jangan takut dengan kegagalan, itu semua hanyalah proses untuk membuat kita menjadi semakin kuat. Bagaimana kita bisa bangkit kembali dari setiap kegagalan itulah kekuatan sesungguhnya yang lahir dari mental pemenang.

4. Fokus

Ketika Kita mulai fokus dan memilah milih mana prioritas pekerjaan kita, maka disitulah awal mulanya kita mulai mengandalkan kemampuan berfikir kita daripada sekedar mengandalkan fisik semata. Cara agar usaha lancar memerlukan fokus tingkat tinggi yang berkelanjutan.

Contoh saja dari 10 hal penting yang harus Anda lakukan, 9 (sembilan) di antaranya bisa kita mulai perlahan di-delegasi-kan ke orang yang bisa membantu kita dalam melaksanakan pekerjaan kita. Akan tetapi satu hal terpenting yang tetap harus kita lakukan adalah berfikir. Menjadi Master Mind dari segala aktifitas kita baik yang sekarang maupun untuk ke depannya.

5. Perbanyak istirahat

Pepatah mengatakan, Orang yang mengerti istirahat, Dia lah orang yang benar-benar mengerti menjalankan pekerjaannya. Istirahat juga menentukan cara agar usaha lancar dan berkah, nah loh!

Pernah suatu ketika, sewaktu melihat sebuah tempat praktek dokter yang sangat ramai dan terkenal banyak pasiennya. Tempat tersebut buka hingga larut malam dan dokter tersebut juga harus standby hingga larut malam untuk melayani pasien yang tidak ada habisnya.

Lalu, saya kepikiran pepatah tersebut di atas, bahwa, Sang dokter demi menjalankan tugasnya, sampai menyampingkan keselamatan dirinya sendiri kah? Atau ada hal lain yang membuat Sang Dokter tetap menerima pasien hingga dirinya sendiri tidak bisa beristirahat. Hidup ini Keras, Kawan!

Gimana menurut pendapat teman-teman? 

6. Manfaatkan Suasana Pagi Hari Anda

"Bangun pagi 3 hari berturut-turut, kerjaan sehari terselesaikan." Itulah pepatah kuno yang sering dilontarkan oleh para senior kita sebelumnya. Suasana Hati di pagi hari sangat menentukan keberlangsungan hari kita secara keseluruhannya. Kenapa tidak? Kalau bangun dengan tujuan yang sudah jelas apa saja yang mau dilakukan tentunya membuat kita serasa waktu itu seakan tidak pernah cukup. Maka pastikan suasana hati di pagi hari Anda Luar Biasa Dahsyat. 

Setelah Mandi Air dingin dan menikmati secangkir kopi hitam panas yang pekat dan sedap. Lengkaplah sudah satu hari Anda yang terlewati dengan penuh makna. Suasana hati memunculkan banyak ide kreasi yang tak terbatas untuk menciptakan cara usaha lancar dan berkah.

7. Ciptakan Sistem

Otak Mansuia cenderung lebih mudah merasa cemas atas hal-hal yang tidak kita ketahui, dan bahkan kita pada umumnya, rata-rata 95% orang-orang di luar sana selalu terbiasa menakut-nakuti diri mereka sendiri dan umumnya selalu berhasil. Setuju? Itulah sebabnya, sistem dibutuhkan dalam penerapan aktifitas pekerjaan kita. Gampang nya sistem ini terdiri dari Input, Proses dan Output.

Sederhananya adalah, apa yang kita perbuat sebagai input itu lah yang nantinya diproses sehingga menghasilkan output dari sistem tersebut. Sebut saja job desk seorang sales mobil misalnya, dia harus mengumpulkan data base untuk berkomunikasi dari kesehariannya untuk belajar cara bisnis lancar, kemudian melakukan kunjungan untuk perkenalan yang akan dilanjutkan dengan follow up hingga akhirnya menghasilkan penjualan atau closing. Nah, terkesan sangat gampang, akan tetapi praktek di lapangan tentunya berbeda.

Agar bisnis lancar, semua butuh proses waktu untuk menempuh dan menempah jalur kesuksesan orang. Setiap orang dibekali dengan kelebihan masing-masing yang bisa menjadi andalan mereka dalam menjalankan aktifitas setiap hari. Pastikan Anda sudah ada sistem yang bagus untuk diterapkan, sisanya tergantung kegigihan dan ketekunan kita. Semangat!!!

8. Utamakan aktifitas Harian Anda

Aktifitas harian kita yang menentukan hasil dari keseluruhan di penghujung tahun. Setuju? Dari aktifitas harian kita menciptakan progres mingguan, dan dari mingguan lahirlah hasil bulanan, hingga akhirnya terkumpul cara usaha lancar rdi akhir tahun.Pprestasi kita selama satu tahun itu pun terbayarkan.

Konsistensi tidak pernah terkalahkan karena semua langkah kecil yang berhasil sangat menentukan daya tahan kita untuk terus melangkah dan berkembang terus ke depannya. Dari situ kita mulai belajar menghargai setiap hal-hal kecil yang bisa membawa efek besar terhadap bidang yang kita tekuni.

Percayalah bahwa Roma tidak dibangun dalam 1 hari 1 malam, segala sesuatu itu memerlukan proses, perjuangan, dan waktu.

9. Ikigai

Nah yang terakhir ini, urutan ke 9 yang paling unik dan menarik. Mengetahu Dominasi Otak Manusia, ikigai merupakan filosofi hidup orang Jepang yang patut kita tiru. Ikigai (生き甲斐) berasal dari kata "IKI" = Kehidupan dan "GAI" = Nilai atau Makna.

Jadi Arti kata dari Ikigai itu sendiri adalah Nilai atau Alasan kita hidup, menjalani hidup mulai dari bangun pagi. Rata-rata orang Jepang di suatu desa di Jepang bisa hidup hingga usia 100 tahun ke atas dengan menerapkan konsep hidup ini, yang diyakini membuat kita sangat produktif dan aktif selama menjalani aktifitas harian kita. Itulah cara supaya bisnis berjalan lancar.

Sudahkah Anda mengetahui Ikigai Anda?? Tentukan, jalankan dan nikmati semua prosesnya.





Salam Sibelancar.

Situs Semua Bisnis Lancar - Kembangkan ide kreatif dan inspirasi dalam setiap kesempatan. Tumbuh dan terus berkarya untuk saling memberi semangat kepada sesama. Sukses Milik kita bersama.

Kunci gaya hidup yang benar adalah Gaya hidup sehat, berfikir positif, olahraga yang tepat dan rutin, serta pola makan yang teratur.

Posting Komentar untuk "9 Aspek ini Akan Membuat Anda Lebih Produktif dan Kreatif"