Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Alasan Kenapa Digital Nomad Semakin Diminati Anak Millenial

Coba tanya anak kecil yang berusia 5 tahun ke atas, apa cita-cita mereka? Jawabannya adalah...
Yah, benar sekali. Jawabannya semua pasti berkaitan dengan kegiatan dan aktifitas dunia maya. 
Yang ada di isi benak kepala kita kurang lebih sudah ada jawabannya yaitu Youtuber, influencer, content creator, intinya artis online deh.

Nah, jaman memang sudah beralih dan sangat cepat berubah. Kebebasan dalam memperoleh informasi juga menjadi lebih terbuka lebar dan tidak terbatas aksesnya. Istilah Nomad juga semakin populer dan menjadi tren di kalangan anak muda. Apa sebenarnya Nomad itu? Kerjanya apa saja? Yuk sama-sama kita simak.

Pengertian Digital Nomad

Nomad itu sendiri berasal dari kata Nomaden yang artinya adalah Pengembara. Jauh di kala era tahun 80 hingga tahun 90an, istilah Nomaden sudah sering kita dengar dan kita lihat langsung dari beberapa orang-orang yang tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap. Namun di era zaman modern digital ini, Nomaden berkembang menjadi sebuah gaya hidup lifestyle yang digemari anak muda Milenial.

Berdasarkan hasil penelusuran dari Wikipedia, Nomad berasal dari bahasa Yunani Nemein atau Nomos yang tertuju kepada orang yang berpergian menuju padang rumput untuk mmberi makan rumput segar bagi hewan, dari satu tempat ke tempat yang lain tanpa memiliki hunian tempat tiggal yang permanen. Lah, lantas apa hubungan nya dengan Digital online? Jawabannya mungkin bervariasi yah. Menarik sekali untuk dibahas.

Selain Cara hidupnya yang berpindah-pindah, mulai dari pengumpul, pemburu hingga komunitas keliling lainnya. Orang Nomaden ini mewakili kelompok paling beragam di dunia. 

Digital Nomad itu sendiri mewakili para kaum pekerja yang banyak menghabiskan waktu mereka di depan komputer, laptop bermodalkan jaringan internet Wi-Fi yang kencang. Bisa saja hari ini mereka berada di Bali mengerjakan sebuah project dari bos orang Amerika, lalu bulan depannya mereka pindah tempat lagi dari cafe ke cafe, hotel ke hotel hingga antar negara.

Kenapa Digital Nomad Semakin diminati?

Mungkin saja tidak banyak yang berbeda di antara para "Nomad-Nomad" yang dulu dengan sekarang, yaitu sama-sama pengennya bebas. Kalau dari dulu zaman purba memang dikarenakan banyaknya keterbatasan lantas membuat orang-orang lebih berbeda reaksinya untuk bisa survive bertahan hidup.

Kalau di zaman canggih sekarang ini, yah masih saja yang dicari adalah kebebasan.

Berikut 9 - Sembilan Alasan kenapa Digital Nomad semakin diminati kalangan Milenial?

1. Cocok dengan jiwa muda yang suka berpergian atau travelling

2. Anti Stres, karena tidak perlu merasakan suasana kantor yang membosankan

3. Waktu yang lebih efisien dan flexibel

4. Berhadapan dengan lingkungan yang berbeda di seluruh dunia, tidak pernah berhenti belajar

5. Lebih tersalurkan hasrat dan cita-citanya untuk diwujudkan

6. Banyak tercipta peluang dan jaringan relasi pun semakin luas dan lebar

7. Berwawasan luas dan berpengalaman karena jam terbang yang tinggi, berpergian dari satu tempat ke tempat baru lainnya

8. Bisa bebas melakukan apa saja selagi masih muda dan sesuai keinginan

9. Bayaran yang relatif tinggi khususnya untuk kalangan profesional

Selain Digital Nomad, masih banyak pekerjaan yang flexibel dan bisa ngantor dimana aja loh. Salah satunya yang sedang ditekuni Cowok keren satu ini, @andreaslewindra







Gimana? Anda sudah melakukan yang mana saja dari sembilan uraian tersebut di atas? Silakan komen di bawah untuk pendapat lainnya seputar Digital nomad. FYI, baru-baru ini, Mentri Pariwisata dan ekonomi kreatif (Menparekraf) Bapak Sandiaga Uno juga baru menandatangani persetujuan antar negara dengan beberapa perwakilan negara luar, terkait dengan kerjasama nomad ini. 

Visa Digital Nomad atau yang lebih gampang nya dikenal yaitu kerja jarak jauh antar negara. Istilah lain juga yang kita ketahui adalah Remote Worker. Tentunya Bali menjadi tujuan utama yang paling digemari seluruh warga dalam maupun luar negri.

Demi mendukung perkembangan ekonomi Indonesia, angka pengunjung wisatawan luar negri juga sudah pasti ikut menigkat tajam. Tentunya konsep Work From Everywhere ini bukan hanya banyak terjadi di Indonesia, tapi sudah di seluruh dunia. Dan semua ini masih menjadi PR (Pekerjaan Rumah) Pihak pemerintah dalam rangka mewujudkan EODB yang dicanangkan Bapak Presiden Joko Widodo yaitu Ease of Doing Business.

Menarik sekali karena semua hal satu dengan lainnya memiliki keterkaitan yang saling terkoneksi. Kita sebagai warna negara Indonesia juga tentunya bangga bisa turut berpartisipasi dalam Digital Nomad ini. Gimana? Banyak sekali bukan potensi dari dunia digitalisasi yang terus menerus berinovasi, mari kita sama-sama maju melangkah demi masa depan cipta Negri kita Indonesia. Salam Sibelancar, Situs Semua Bisnis Lancar


Posting Komentar untuk "9 Alasan Kenapa Digital Nomad Semakin Diminati Anak Millenial"