Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Nitrogen dan Udara Biasa Ban Motor

Jangan ngaku anak motor kalau isi ban angin motor sendiri saja masih belum tau alias bingung. Seberapa sensitif Anda dengan motor Anda? Ban paling tidak bisa ditolerir jika ada masalah, nah. Mulai sekarang jangan panik lagi, semua sudah ada solusinya di Situs Sibelancar, Semua Bisnis Lancar.



Pentingnya roda ban untuk sebuah sepeda motor di jalan, tentunya paling berpengaruh dari ban motor. Pahami apa perbedaan antara Angin Nitrogen dan Angin udara biasa ban motor Anda?

Kenyamanan berkendara motor sedikit banyak dipengaruhi oleh tekanan angin ban motor. Pastikan sudah tepat dan sesuai demi kelancaran perjalanan Anda. Anda Selamat Sampai Tujuan, Aktifitas semua bisnis Lancar. Oleh karena itu, tujuan dari artikel ini adalah untuk kita memahami perbedaan antara nitrogen dengan angin biasa. 

Apa itu Nitrogen? 

Nitrogen sesuai yang kita pelajari di sekolah adalah unsur kimia dengan Inisial N dan nomor atom 7. Kata tersebut berasal dari bahasa Yunani "Nitron" yang merupakan elemen terbanyak ke 5 di alam semesta ini. Jadi secara saintis, Nitrogen ini boleh dibilang adalah gas udara yang sudah disaring dan tidak memiliki kandungan uap air di dalamnya, hampir murni. Sederhananya yah, angin biasa itu lebih banyak uap air nya. 

Logikanya, jika angin biasa banyak uap airnya, otomatis ban juga jadi lebih berat. Ditambah lagi kena suhu panas yang tinggi, lengkap sudah ban tersebut pasti lebih cepat rusak dan aus. Jika lebih sedikit uap air maka isu karat juga sudah lebih berkurang dan tidak terlalu dikhawatirkan. Beberapa penelitian juga menunjukkan perbandingan ban yang diisi nitrogen menempuh jalan yang lebih jauh dan aman dibanding angin biasa. Contoh jalan 10km, tekanan ban hanya naik 0,1psi saja. Kalau angin biasa sudah meningkat drastis 6x lipat. Silap-silap ban bisa meledak di jalan kalau lama kelamaan tidak diperhatikan. Berikan pemahaman terbaik supaya terjamin keselamatan di jalan.

Jadi, dengan Nitrogen ini sangat membantu kestabilan tekanan angin dalam ban motor. Apalagi suhu udara di Indonesia yang tergolong sangat panas. Kualitas ban juga ikut berpengaruh, itu sebabnya mengapa beberapa orang lebih memilih nitrogen daripada angin udara biasa. 

Selain mengurangi resiko oksidasi, juga menghindari tekanan berlebihan demi kestabilan tekanan ban. Yah, walaupun tetap saja sampai detik ini masih ada saja kritik dan kontroversi yang muncul seputar penggunaan nitrogen dalam ban motor. Wajar lah yah jika masih ada orang yang skeptis terhadap manfaatnya. 

Secara keseluruhan, bisa kita lihat nitrogen lebih mendominan dari segi fungsi dan ramah lingkungan terhadap daya tahan kualitas ban tersebut di masa datang. Yah gak heran jika angin nitrogen kadang ada dikutip biaya yang lebih tinggi daripada angin biasa. Dan angin udara biasa pun sudah jadi pilihan yang paling umum di pom bensin. Selain gratis, juga praktis dan bisa suka-suka bebas sesuka hati.

Penjelasan komposisi nitrogen dalam pengisian angin ban motor

Banyak dari kita yang ketika isi angin ban motor, bingung dan sering lupa komposisi berapa yang tepat dan sesuai. Berikut informasi yang dikutip dari berbagai sumber terpercaya:

- sepeda motor Sport: untuk ban depan 32-36 psi (2.2 - 2.5 bar) || ban belakang 36-42 psi (2.5 - 2.9 bar)
- sepeda motor matic: untuk ban depan 26-29 psi (1.8 -2.0 bar) || ban belakang juga sama. (motor bebek juga sama)

Baca. psi (pound per square inch) yang sering dijadikan tolak ukur angin. Lantas apa bedanya psi dan bar? Ternyata masih banyak pertanyaan 1 bar berapa psi? Jawabannya adalah 1 bar = 14.5038 psi

Kalau mau gampang ingatnya untuk motor ban, ingat saja angka 28 kalau pas ditanya abang tukang isi anginnya. Itu sudah paling standar dan aman, biar lancar terus perjalanannya.

Hal Penting yang harus diperhatikan

Pemeliharaan ban motor yang tepat akan menigkatkan kualitas pengguna dan juga ban itu sendiri. Apalagi didukung dengan tekanan ban dengan angin nitrogen yang terbukti lebih efisien. 

Selanjutnya, di artikel Sibelancar sebelumnya juga sudah pernah dibahas cara mengisi nitrogen ban motor di pom bensin. Sejauh ini hanya Shell yang menyediakan layanan gratis. Dibandingkan dengan angin biasa, resiko over-inflasi dengan nitrogen juga menjadi pertimbangan.

Himbauan kepada seluruh pembaca, periksa selalu tekanan angin secara teratur dan pastikan keamanan dalam berkendaraan pun menjadi prioritas. Nyawa di jalan setiap hari ditentukan dari kendaraan yang ktia bawa setiap hari. Kesehatan motor juga mempengaruhi kenyamanan di jalan. Untuk teman-teman yang sudah memperoleh pengalaman seputar penggunaan nitrogen atau angin udara biasa juga boleh  berbagi saran dan masukan. Ban motor memang relatif jarang diperhatikan. Ini bisa jadi bahan pertimbangan kita ke depannya. Next, mungkin kita boleh membahas tentang perawatan ban motor yang baik dan benar. 

Sebagai kesimpulan, jelas nitrogen vs udara dalam ban motor itu sangat memberikan efek yang berbeda. So, teman-teman anak motor, yang hobi touring, pengisian nitrogen ban motor sudah tidak salah lagi. Keuntungan nitrogen dalam ban sudah bisa kita rasakan sendiri manfaatnya. Jika informasi ini bermanfaat, silakan isi saran di kolom komentar dan live chat sibelancar di samping kiri pojok. Rekomendasikan penggunaan angin nitrogen dan jadikan preferensi masing-masing pengendara.
Salam satu aspal, jangan lupa share informasi ini jika bermanfaat. Ok ciao!
Semua Bisnis Lancar jika kita mulai memperhatikan semua hal kecil di dalam hidup kita.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Nitrogen dan Udara Biasa Ban Motor"