Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Fakta Mencengangkan Oncology (Cancer)

Mendengar kata Oncology awalnya membuat saya bertanya-tanya apa sebenarnya pekerjaan seorang dokter Onkologi. Kali ini Sibelancar berkesempatan bertemu dan menghadirkan seorang nara sumber terpercaya yaitu dr. Malwinder Singh Sandhu asal Pantai Hospital, Kuala Lumpur - Malaysia. 

Di sesi kali ini, ngobrol santai bareng Onkolog bener-bener membuka wawasan saya lebih luas lagi tentang kanker ini. Yah, at least bisa mengupas Mitos dan Fakta seputar kanker bersama dr. Mal, panggilan akrab Sang Dokter keturunan India yang super friendly dan hobi makan ini. Mari kita kupas sedikit demi sedikit, 9 Fakta mencengangkan dari Onkologi atau penyakit kanker.



9 Fakta Mencengangkan dari Onkologi (Kanker)

1. Kanker Bukanlah penyakit keturunan atau Penyakit yang tidak bisa disembuhkan

2. Ada lebih dari 200 jenis kanker, dan Tidak Semua Pengobatan KANKER dilakukan dengan cara yang sama. (i.e. Kemo, radiotherapi dll)

3. HPV (Human PapillomaVirus) bisa menular dan berkembang menjadi Kanker

4. Kanker itu sendiri adalah perubahan abnormal pada sel tubuh, Kanker TIDAK MENULAR!

5. Kanker Menular jika melalui infeksi virus seperti Hepatitis B dan C yang memicu kanker hati.

6. Cancer Screening adalah salah satu cara paling efektif untuk pencegahan dini kanker

7. Pemeriksaan Skrinning Kanker dilakukan setiap 10 tahun 1x.

8. Cancer Screening juga mulai disarankan sejak usia 40 tahun.

9. 90% penyembuhan kanker murni melalui pikiran dan perubahan total gaya hidup yang lebih sehat

Perubahan Penyakit Kanker Seiring Waktu

Mendengar kata Kanker saja sudah cukup membuat kita takut dan khawatir berlebihan. Eits, tapi tunggu dulu, justru kalau infonya gak sesat kan malah bisa membuat kita lebih tepat memahami tentang onkologi ini. 

"Karena pada dasarnya sudah banyak yang berubah di industri pengobatan yang satu ini. Ditambah lagi perkembangan teknologi yang super cepat, lupakan deh yang serem-serem seperti zaman dulu masa pengobatan kanker masih jadul itu." ujar sang doketr dalam sesi podcast di episode terbaru Podsibel itu. 

Apalagi peluang untuk pencegahan atau deteksi dini juga lebih tinggi. Semakin cepat dan rajin kita cek, semakin besar penyembuhannya. Dan pastinya biaya juga semakin murah. Jadi ya, seperti kata bijaknya, "Mencegah lebih baik daripada mengobati."

Melalui Podcast Sibelancar atau Podsibel inilah, kita hadirkan platform edukasi dan informasi yang santai namun juga terkesan serius. Nah, di episode kali ini, bersama dr. Malwinder membahas segala topik tentang kanker.

Podcast Ngobrol Santai Bareng Onkolog 

Promosi melalui berbagai media juga dilakukan oleh dr. Malwinder seperti akun tiktoknya yang aktif dengan konten menarik, instagram dengan reels yang dibungkus rapi dengan konten edukasi yang tepat sasaran. Tentunya Youtube juga tidak ketinggalan menghadirkan informasi yang bermanfaat tentang perkenalan edukasi seputar onkolog yaitu penyakit kanker. 

Satu hal yang menarik tentang dokter yang senang dipanggil "The Bald Oncologist" ini, karena kepala plontosnya yang sexy dan super kilat bercahaya itu. Beliau juga menampilkan sebuah pendekatan yang unik dan berbeda dengan dokter lainnya. 

Selain tergolong masih muda, dr. Mal juga sudah menguasai berbagai jenis ilmu kedokteran onkologi yang dipelajarinya sejak lulus di 2006 lalu itu. Dan beliau juga terus menerus mengikuti pembelajaran hal baru tentang motivasinya untuk lebih banyak membantu pasien fokus dalam penyembuhan kanker ini lagi. Dukungan keluarga juga membuat kecintaannya terhadap bidang onkologi ini tidak pernah pupus. 

Kenapa dr. Malwinder bisa memilih untuk menjadi seorang dokter Onkolog?

Apalagi sejak awal, memang asal mula beliau bisa terjun ke dunia ini adalah memang sejak salah satu anggota keluarganya yang terkena kanker sehingga pengobatan berkelanjutan pun menjadi momok tersendiri untuk dirinya. Belum lagi di zaman dulu itu, masih banyak efek samping yang belum begitu terkendali dalam pengobatannya. Pasien kanker banyak yang mengalami ketakutan sehingga tenaga kesehatan yang diharapkan pun memiliki beban tersendiri.

Tonton Video lengkapnya hanya di Kanal Podcast Situs Semua Bisnis Lancar

So, untuk info lebih lengkapnya lagi, kita bisa akses langsung ke channel Youtube Sibelancar atau Podsibel bersama dr. Malwinder, sang nara sumber yang pakar di bidangnya. Dengan demikian, masyarakat umum juga bisa lebih memahami lebih banyak lagi tentang kanker. Pasien kanker dan keluarga mereka juga lebih tercerahkan dengan penyampain fakta dan data sang dokter. 

Kunjungi Pantai Hospital, Kuala Lumpur melalui situs kami atau marketing Rumah Sakit yang juga tersedia di beberapa daerah di Indonesia. Terutama di kota Medan Sumut yang bisa menjembatani dengan pihak Pantai Hospital KL. Menurut dr. Mal, RS ini sudah melayani segala penanganan penyakit kanker mulai dari yang kecil hingga ke yang tingkat lanjut sejak lama. Tenaga kesehatan seperti dokter, perawat maupun staf pendukung lainnya sudah berpengalaman menangani pasien terutama dari Indonesia. 

Dan yang terakhir, jangan lupa pula miliki perlindungan diri anda dengan proteksi asuransi terbaik diri sendiri. Salam, Sibelancar. Ciao!



Posting Komentar untuk "9 Fakta Mencengangkan Oncology (Cancer)"