Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Langkah Menjalani Diet Sehat

9 Langkah Menjalani Diet Sehat

Kapan terakhir kali Anda bilang Mau Hidup Sehat? 

Sering kita lihat di seminar maupun acara kesehatan yang terbuka, ketika ditanya siapa yang mau hidup sehat? Pastinya semua hadirin yang hadir angkat tangan tinggi-tinggi seraya sehat itu memang mutlak harganya. Akan tetapi ironisnya, ketika ditanya kembali siapa yang sudah menerapkan pola hidup sehat? Belum tentu semua orang sanggup mengangkat tangannya. Nah, itulah problem masyarakat kita.
Mari kita kupas tuntas mulai dari pemikiran (mindset), kemampuan (skillset) dan peralatan (toolsetnya). Semua tips ini sangat mudah dimengerti dan diimplementasikan, sudah terbukti berhasil dan dipraktekkan langsung oleh penulis sendiri.

MindSet: Sehat Jasmani dan Sehat Rohani

Pikiran manusia bisa mengobati tubuhnya sendiri.

Sehat identik dengan pikiran sehat dan tubuh sehat, dimana tindakan nyata yang dimulai dari hal-hal kecil yang kemudian membawa kita kepada hasil yang besar. Tentunya ketika kita sudah mulai melihat hasilnya, kita sendiri juga mulai ketagihan.

Banyak dari kita mendambakan tubuh yang sehat dengan bentuk body badan yang ramping. Terutama di kalangan muda-mudi masa kini yang suka tampil maksimal dan energik. Tidak heran sudah hadir banyak suplemen maupun program diet yang sangat



Menjanjikan dan bahkan sudah terbukti hasilnya
. Akan tetapi apakah semua itu Sehat? Apakah semua orang mampu? 
Sibelancar turut serta membahas cuplikan info kesehatan kali ini, 
yuk kita simak sama-sama. Target tercapai turun 8kg dalam waktu kurang dari 3 bulan.

Mulai melangkah dari bagian kecil menuju yang terbesar:

1. Tentukan Waktu jam makan yang sama dan teratur setiap hari. 

Bagaimana jika (menurut para ahli) lebih penting jam berapa kita makan, daripada "apa" yang kita makan? Artinya jam-jam tertentu itu sangat berkaitan erat dengan pola kerja tubuh kita. Atau istilah sekarang ini adalah intermittent fasting, yaitu Tau kapan Anda Makan dan Tau kapan Anda Puasa Makan. 

Coba perhatikan kata "Breakfast" dari bahasa Inggris yang artinya adalah Buka Puasa.
Kata tersebut kemudian mempunyai makna dimana badan kita yang sudah berhenti "bekerja" selama beberapa waktu tertentu akan mulai kembali bekerja, yaitu makan. Tentunya di jam pagi tertentu setiap orang mulai bersarapan ria sebelum beraktifitas. Nah, jam makan tersebut yang sangat menentukan.

2. Mulai dengan konsumsi buah atau sayuran

Tantangan terbesar di awal memulai yaitu mengatur jam makan yang belum begitu terbiasa. Misalnya dari mulai bangun tidur kita tpunya jedah waktu maksimal 4 jam puasa. Contoh: bangun jam 6 pagi, sarapan jam 10 pagi. Nah, untuk pemula disarankan mengkonsumsi buah-buahan (pepaya, semangka, tomat, apel, dan lainnya) dan juga melakukannya secara bertahap misalnya bangun jam 7 boleh mulai mengatur waktu jedah mau mulai sarapannya jam berapa? supaya berangsur-angsur bisa semakin lama berpuasa. Hasil terbaik pasti mendatangi Anda semua.

3. Kurangi Gula dan Garam.

Kita semua tau Gula dan Garam merupakan musuh utama dalam menjalankan diet sehat. Lakukan sebisa mungkin untuk membatasi makanan yang mengandung Gula & Garam. Terutama di malam hari, disiplinkan diri mulai jam 21.00 malam ke atas, STOP Gula! 

Apa yang terjadi dengan mekanisme di tubuh kita ketika kita berpuasa makan selama 4 jam atau lebih? Sistem pembakaran lemak kita akan bekerja dengan sangat LUAR BIASA maksimal untuk membakar lemak. Di saat itu lah badan kita diharapkan lama-lama menjadi kering dan jauh dari lemak. Apalagi kalau dibarengi dengan olahraga rutin setiap hari. Tidak perlu waktu yang lama untuk berolahraga, cukup 5 menit, Cek youtube channel dan ketik "No jumping workout." Banyak pilihan durasi yang 10 menit, 30 menit bahkan 1jam. Lakukan sebisa mungkin setiap hari, atau seminggu 3x, lakukan bertahap. Progres dan proses yang paling menentukan, dan tak kalah penting adalah konsisten.

4. Jangan duduk terlalu lama

Sadar ataupun tidak sadar, kursi sudah lama menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Bahkan sudah banyak penelitian saintifik yang membuktikan kalau duduk itu sama parahnya dengan kebiasaan merokok. (Baca Sitting is the new Smoking). 

Coba Anda renungkan sendiri, dimulai dari aktifitas pagi hari kita sudah mulai duduk bersarapan, berangkat bekerja kita juga duduk di kendaraan. Makan siang, makan malam, sampai setibanya di rumah kita mulai duduk santai lagi sambil istirahat, bermain HP, menonton TV dll. Dan ketika Anda sedang membaca artikel ini juga masih dalam posisi duduk.

Solusinya adalah setiap Anda sadar Anda sudah mulai kelamaan duduk (60 menit sampai 90 menit) Anda hanya perlu beranjak dari kursi Anda dan berdiri selama 5 menit. Ya, lakukan itu sekarang juga.
Berjalan lah sambil lenturkan badan, ataupun minum segelas air, basuh tangan ke kamar kecil, atau hirup udara segar sejenak. 

Kalau Anda sudah mulai membaca tulisan ini dan Anda mempraktekkannya setiap hari. Anda mulai tertolong dari bahaya, apalagi kalau ini kita lakukan setiap hari. Mencegah lebih baik daripada mengobati. 

Menurut penelitian di Jepang, orang yang duduk terlalu lama di atas 2 jam, sistem pembakaran lemak di tubuhnya STOP BEKERJA hingga 95%. Bisa dibayangkan kenapa perut kita gampang melebar dan susah sekali untuk mengatasinya. Karena itu berlangsung setiap hari duduk seharian. Justru beranjak dari kursi selama 5 menit itu bisa menetralkan kembali sistem pembakaran lemak di tubuh kita. Hebat bukan? Sehat itu berawal dari hal kecil yang memberi efek besar.

5. Aktif Bergerak

Jika Anda masih tetap membaca dan mengikuti, Selamat! Anda mulai menemukan obat penyembuh rasa Malas yang selama ini tidak ada obatnya. Ya, Malas itu tidak ada obatnya. Jika kita selalu aktif bergerak, ada saja energi yang dikeluarkan dari tubuh. Aktif bergerak itu bisa dilakukan dengan perbanyak jalan, hindari duduk terlalu lama di depan komputer. Aktifitas membuat Kita semakin awet muda.

6. Kurangi minuman Es dingin yang berlebihan

Suhu tubuh yang normal (36* Celcius) tentunya harus bekerja ekstra keras jika kita terlalu sering memberi minuman yang dingin seperti es ke dalam tubuh kita. Untuk menyamakan suhu es yang masuk ke dalam tubuh tentunya membutuhkan kalori yang kemudian diubah menjadi energi. Minuman dingin bisa membantu jika dikonsumsi di batas normal. Selama Air Es tersebut bukan yang bersoda, berwarna, punya kandungan perasa buatan, maka masih aman untuk dikonsumsi secara normal.

7. Manfaatkan peralatan olahraga rutin seadanya

Sebagai pelengkap dari semua tips yang ada di atas, tentunya mindset dan skillset wajib didukung penuh oleh toolset juga. Dengan peralatan seadanya bisa memancing mood kita untuk memulai setiap kegiatan olahraga. Tidak harus menunggu sempurna untuk memulai, mulailah maka kamu akan menjadi yang terbaik. Mulai dari barbel kecil ukuran berat 2kg, 5kg, Abwheel atau roda kecil yang mempunyai pegangan untuk kedua tangan, karet tarik Latex resistance yang dilakukan untuk posisi berdiri, matras untuk kita bersandar di lantai ketika melakukan senam atau gerakan no jumping workout

8. Tidur dan istirahat yang cukup

Menurut ilmu kedokeran, kurang tidur dan kurang istirahat menyebabkan banyak sel mati dan mempercepat penuaan. Hindari begadang dan kurang tidur kalau kita sudah fokus ke diet sehat.
Karena semua akan menjadi sia-sia jika sudah melakukan semua diet tapi masih kurang istirahat dan tidak sehat.

9. Dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat

Setiap bangun tidur, mulailah berkaca. Tataplah dengan kepala tegak di depan kaca dengan penuh kepercayaan diri. Lihatlah tubuh Sehat Anda yang kuat dan bersemangat. Anda akan jatuh cinta dan tidak akan pernah membiarkan tubuh Anda terlarut dalam keburukan baik itu fisik maupun mental.

Maka dari itu, dengan tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat, jiwa dan semangat yang tidak terkalahkan untuk selalu menjadi pemenang. Selamat Mencoba!

Semua itu bisa diakses melalu chanel youtube sesuai kebutuhan kita. Semua Bisa Karena Biasa, kembangkan kebiasaan bagus untuk hasil yang terbaik. Semua urusan menjadi Lancar bersama


Posting Komentar untuk "9 Langkah Menjalani Diet Sehat"